Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Gunakan Brand Ambassador

Kompas.com - 23/05/2024, 14:29 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknik marketing yang digunakan dalam bisnis rupanya mengikuti perkembangan zaman. Di era media sosial saat ini, banyak pemilik usaha yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka. Khususnya pemanfaatan brand ambassador. 

Orang-orang seringkali bingung dalam membedakan brand ambassador dan influencer. Jika influencer bisa memanfaatkan artis atau orang terkenal, brand ambassador biasanya menggunakan konsumen atau pelanggan setia brand mereka. 

Menggunakan brand ambassador juga menjadi kunci penting dari strategi pemasaran yang bisa kamu coba. Supaya kamu lebih yakin, kamu bisa simak artikel berikut yang telah dilansir Kompas.com dari situs business.com.

Baca juga: Kenali Manfaat Brand Ambassador dalam Bisnis Produk

Meningkatkan Jangkauan Audiens

Karena brand ambassador memanfaatkan pelanggan setia untuk mempromosikan produk mereka, jangkauan audiens juga menjadi lebih luas. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan audiens yang tidak bisa dijangkau oleh kalangan influencer.

Kemudian, orang-orang biasanya lebih percaya pada produk yang dipromosikan oleh orang terdekatnya, seperti teman dan keluarga. Apabila salah seorang terdekat mereka menjadi brand ambassador, maka mereka akan percaya dengan kualitas produk yang dipromosikan.

Dengan kata lain, cara ini bisa disamakan dengan promosi mulut ke mulut secara online. Lalu cara ini bisa lebih efektif bagi bisnismu karena sudah melibatkan kepercayaan dari orang-orang terdekat brand ambassador.

Baca juga: Ini Situasi yang Tepat untuk Menggunakan Endorsement Marketing

Mengurangi Budget Paid Advertising

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan yaitu adanya pengurangan budget untuk mengiklankan produkmu. Biasanya budget untuk membayar brand ambassador lebih murah dibandingkan menggunakan iklan berbayar seperti dalam aplikasi. 

Dengan brand ambassador, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk melakukan promosi. Bahkan, efek yang ditimbulkan juga bisa tetap berpengaruh pada peningkatan penjualan. 

Jadi, cara ini bisa kamu gunakan ketika ada keterbatasan dana. Budget yang terbatas tidak menjadi penghalang untuk melakukan promosi dengan maksimal. 

Baca juga: Pahami 4 Hal Ini Sebelum Menggunakan Influencer untuk Marketing

Menunjukkan Kualitas Produk

Karena adanya rasa percaya dari orang-orang terdekat brand ambassador, maka mereka juga akan percaya dengan kualitas produkmu. Hal ini tentu menguntungkan karena bisa meningkatkan reputasi dari bisnismu.

Peningkatan reputasi juga bisa berdampak pada meningkatnya penjualan produkmu. Selain itu, dana yang didapatkan dari penjualan bisa menambah talent brand ambassador lainnya.

Bahkan, jika brand ambassador mempromosikan produk dengan antusias, juga bisa meningkatkan kepercayaan audiens pada kualitas produkmu. Jadi pastikan produkmu benar-benar berkualitas dan bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Baca juga: Ini 4 Cara Content Marketing Kamu Bisa Menghasilkan Cuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com