Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tanda Perlu Ekspansi Bisnis, Salah Satunya Kehabisan Ruang

Kompas.com - 10/06/2024, 09:05 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ekspansi bisnis adalah upaya memperluas jangkauan bisnis. Umumnya ekspansi bisnis identik dengan membuka cabang baru.

Ekspansi bisnis termasuk keputusan besar yang cukup berisiko, jadi jangan dilakukan secara terburu-buru, hanya karena ingin punya banyak cabang dalam waktu singkat.

Sebelum melakukan ekspansi bisnis, perlu ada kesiapan dan perencanaan yang matang.

Khawatirnya, saat membuka cabang baru, ternyata kamu belum membutuhkannya dan berujung tidak bisa maksimal dalam mengelola bisnis.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk ekspansi bisnis? Berikut ini beberapa tanda untuk mengetahui apakah sudah saatnya melakukan ekspansi bisnis.

Baca juga: Pelaku UMKM! Jangan Asal Buka Cabang Usaha Sebelum Lakukan Ini

1. Kesulitan Memenuhi Permintaan Pelanggan

Alasan utama ekspansi bisnis adalah untuk menjangkau lebih banyak target pasar. Namun, ekspansi justru lebih tepat dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar di berbagai lokasi.

Jika di outlet pertama kamu mulai merasa kesulitan untuk memenuhi permintaan yang terus bertambah, mungkin sudah saatnya kamu membuka cabang di lokasi lain untuk mempermudah para konsumen datang ke lokasi yang lebih dekat.

Dengan begitu, kamu bisa membagi jumlah pengunjung di beberapa lokasi, sehingga tidak ramai di satu tempat saja.

Maka dari itu sebelum ekspansi, kamu bisa mengamati terlebih dahulu apakah dengan membuka cabang baru bisa memudahkan kamu dan konsumen, atau justru melonjaknya minat pasar tersebut kemungkinan hanya sesaat saja.

Kembali lagi, ekspansi bisnis sebaiknya jangan diputuskan secara terburu-buru. Kamu bisa membuka cabang baru? jika memang dibutuhkan dan menjadi solusi dari permasalahan permintaan pasar yang tidak bisa ditampung dalam satu outlet.

2. Keuangan Bisnis Sudah Stabil

Keuangan sangat penting dalam berbisnis. Jika kamu merasa perusahaan kamu sudah stabil dan memiliki modal yang cukup untuk membuka cabang, maka peluang ekspansi bisnis juga boleh dicoba.

Untuk ekspansi tentunya butuh modal yang besar, mulai dari bangunan, bahan baku, penambahan pekerja, hingga tambahan biaya operasional. Untuk itu, pastikan keuangan bisnis kamu sudah mencukupi.

Baca juga: 4 Tips Sukses Membuka Cabang Baru ala Owner Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Terkadang saat pendapatan bisnis mulai stabil bahkan berlebih, banyak pebisnis yang bingung memilih membuat usaha baru atau ekspansi bisnis.

Dalam hal ini, ekspansi bisnis terbilang lebih mudah, karena brand yang sudah kamu bangun telah memiliki nama yang lebih dikenal oleh masyarakat, dibandingkan mulai membangun brand baru dari awal.

Jadi, kalau kamu merasa keuangan bisnis sudah stabil dan memiliki modal yang cukup, mungkin sudah saatnya untuk mencoba ekspansi bisnis, agar semakin banyak orang yang membeli produk kamu dari berbagai daerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com