Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal Kecil yang Membuat Rapat Online Lebih Efisien untuk Bisnismu

Kompas.com - 29/06/2024, 12:33 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dengan mengikuti perkembangan zaman, mengurus bisnis tidak harus selalu dijalankan langsung di kantor, melainkan bisa dilakukan dari mana saja, dengan sistem kerja remote atau work from anywhere

Kerja remote, termasuk rapat online akan membuat waktu lebih fleksibel, ketika harus membahas berbagai hal terkait perkembangan bisnis.

Oleh karena itu, seringkali rapat online menjadi pilihan ketika belum bisa mendiskusikan bisnis secara langsung di kantor. 

Selain itu, ada tiga hal kecil yang tampak sepele, tapi membuat rapat online lebih efisien untuk dilakukan. Simak penjelasannya. 

Baca juga: 3 Alasan Pemilik Bisnis Perlu Merekrut Pekerja Remote

1. Pembuatan Notulen Rapat

Sebenarnya, rapat yang dilakukan secara offline juga menggunakan notulen rapat sebagai rangkuman pembahasan. Namun, jika kamu melakukan rapat secara online, notulen rapat dapat disimak secara real-time

Dengan adanya notulen rapat ini, para karyawan dapat mengetahui isi rapat sejak awal hingga akhir.

Mereka dapat memperoleh informasi terkait rencana bisnis selanjutnya, seperti pembaruan produk, rencana inovasi, dan sebagainya. 

Hal ini juga mempermudah kamu sebagai pemilik bisnis, agar tidak mengulang pembahasan yang sama setelah rapat. Ketika ada karyawan yang melewatkan beberapa hal, mereka cukup menyimak dari notulen rapat tersebut.

Baca juga: 4 Poin Penting dalam Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman

2. Perhatikan Perbedaan Zona Waktu

Rapat online artinya dapat dilakukan di mana saja, maka ada kemungkinan kamu atau karyawan bekerja dalam zona waktu yang berbeda.

Misalnya, saat kamu harus melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, kamu dan karyawan tetap bisa melakukan rapat untuk berkoordinasi.

Dengan begitu, hal-hal penting yang harus dikerjakan segera, tak akan tertunda, karena harus menunggu kamu sebagai pemilik usaha, kembali ke Indonesia.

Namun, perhatikan perbedaan waktu antara negara tempat kamu berada dengan waktu di Indonesia, agar semua bisa mengikuti rapat dengan fokus.

3. Tidak Terdistraksi Media Sosial

Hal kecil lainnya yang dapat memengaruhi efisiensi rapat online, yaitu soal distraksi. Melakukan rapat secara online memang lebih fleksibel, karena bisa dilakukan kapan saja.

Namun, pastikan isi pembahasan rapat padat dan jelas, sehingga tak memakan waktu terlalu lama.

Pasalnya, jika situasi rapat bertele-tele, cenderung akan membuat orang mudah bosan dan mulai mencari hal lain untuk mengalihkan perhatian. Salah satunya dengan memantau media sosial.

Baca juga: Ini 3 Hal yang Harus Pebisnis Lakukan Saat Terjadi Kecelakaan Kerja

Jika peserta rapat terdistraksi oleh media sosial, materi saat rapat justru tidak akan diterima dengan baik. Sebab, tidak fokus dengan pembahasan dalam rapat. 

Selain memastikan materi rapat online disampaikan dengan padat dan jelas, kamu juga perlu mengarahkan karyawanmu untuk selalu menyimak rapat dengan baik, sebagai bentuk tanggung jawab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com