Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Hal yang Harus Pebisnis Lakukan Saat Terjadi Kecelakaan Kerja

Kompas.com - 28/06/2024, 08:30 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai pebisnis yang telah merintis usaha hingga dikenal banyak orang, pasti pernah mengalami kenaikan produksi dan penjualan. Hal ini menyebabkan karyawan harus bekerja lebih cepat agar nantinya dapat membuat produk lebih banyak. 

Namun, terkadang sikap terburu-buru dan mengejar target penjualan membawa dampak tertentu bagi karyawan, terutama karyawan yang bekerja dengan kekuatan fisik di tempat produksi.

Beberapa dari mereka pun mengalami kecelakaan kerja secara fisik sehingga tidak dapat melanjutkan pekerjaannya. Mereka membutuhkan pemulihan dalam beberapa waktu agar bisa kembali menyelesaikan tanggung jawabnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Konflik Antar Karyawan, Bos Wajib Tahu!

Oleh karena itu, apabila sudah terlanjur terjadi kecelakaan kerja dalam bisnismu, kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini. Kompas.com telah merangkumnya dari situs business.com

Segera Laporkan Kecelakaan Kerja

Untuk menangani kecelakaan kerja dengan cepat, perlu adanya kerja sama dengan seluruh karyawan. Ketika nanti ada salah satu karyawan di tempat produksi, karyawan lain harus segera melaporkan kejadian tersebut pada kamu sebagai pemilik bisnis. 

Jika kamu sudah membuat prosedur tertentu bagi karyawan, mereka juga bisa mendatangkan bantuan dengan segera di tempat kerja. Supaya nantinya, karyawan yang mengalami kecelakaan kerja cepat mendapatkan pertolongan pertama. 

Baca juga: Seberapa Penting Pemberian Apresiasi kepada Karyawan? Simak Alasannya

Datangkan Bantuan Medis

Apabila terjadi kecelakaan kerja yang membutuhkan bantuan medis, sebaiknya segera datangkan ambulans atau pergi ke rumah sakit. Sebab, jika kamu ragu untuk menanganinya sendiri, dikhawatirkan luka secara fisik akan menjadi lebih parah. 

Namun, jika kecelakaan kerja menimbulkan luka ringan seperti tergores, kamu bisa menyiapkan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Supaya nantinya jika ada karyawan yang terluka, dapat segera ditangani dan dipulihkan. 

Investigasi Tempat Kerja

Setelah kejadian kecelakaan kerja, sebaiknya kamu segera meninjau kembali tempat bekerja. Terutama tempat yang sering rawan kecelakaan kerja seperti lokasi produksi. Kemudian, kamu bisa segera menemukan solusi dari penyebab kecelakaan kerja. 

Baca juga: Karyawan Bekerja Tidak Sesuai Ekspektasi? Lakukan Hal ini

Tidak hanya itu, kamu sebaiknya juga meninjau kembali pedoman keselamatan kerja yang sudah ditetapkan. Periksa sekiranya ada yang kurang dan perlu ditambahkan dalam pedoman tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kecelakaan kerja di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com