Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Alasan Kamu Harus Datang dalam Berbagai Seminar Bisnis

Kompas.com - 30/06/2024, 20:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehidupan kamu sebagai pebisnis, sebenarnya tidak hanya berputar dalam soal pemasaran dan pembuatan produk. Namun, kamu juga perlu mengikuti kegiatan bisnis untuk mengenal lingkungan di luar praktik usahamu. 

Salah satu kegiatan bisnis yang bisa diikuti yaitu dengan menyimak seminar soal bisnis atau konferensi bisnis lainnya. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti berbagai kegiatan eksternal untuk perkembangan bisnismu nantinya. 

Supaya kamu merasa lebih yakin mengikuti seminar bisnis, setidaknya ada tiga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan tersebut. Kamu bisa simak informasi tersebut melalui artikel berikut yang telah dilansir dari entrepreneur.com

Baca juga: 4 Keuntungan Menggunakan Tenaga Mesin untuk Produksi Bisnis

Memperluas Relasi

Bertahan di dunia bisnis tidak hanya dengan memperoleh keuntungan dan mencapai target penjualan. Kamu juga membutuhkan relasi atau networking dengan berbagai pengusaha lain. Hal ini diperlukan bisa mempermudah perkembangan bisnismu. 

Melalui relasi yang luas, kamu bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk berkolaborasi. Kamu pun juga bisa mendapatkan informasi terbaru seperti bazar atau pameran. Selain itu, kamu akan memperoleh ide inovasi baru dari produk-produk para pengusaha tersebut. 

Jadi, dengan membangun relasi yang luas melalui seminar bisnis, kamu akan mendapatkan berbagai hal baru. Kamu pun juga bisa bertukar cerita dengan mereka dan saling memberikan solusi. 

Baca juga: 4 Ide Program Giveaway Untuk Pemasaran Bisnis, Tertarik?

Mengambil Pelajaran dari Pengalaman Pengusaha Lain

Ketika berada dalam seminar bisnis, tentu kamu akan berbagi cerita dengan banyak pengusaha lain. Beberapa dari mereka pasti pernah mengalami kegagalan atau melakukan kesalahan selama berbisnis. 

Saat mendengarkan cerita mereka, kamu dapat mengambil pelajaran agar kesalahan pengusaha tersebut tidak terulang dalam bisnismu. Akan lebih baik jika mereka juga membagikan cerita mengenai upaya yang dilakukan untuk menghadapi kegagalan tersebut. 

Belajar Banyak Ilmu Baru

Tidak hanya mendapatkan relasi serta bertukar pengalaman, kamu juga bisa mendapatkan ilmu atau wawasan baru terkait bisnis. Apalagi seminar bisnis memiliki berbagai macam topik yang disediakan oleh penyelenggara. 

Baca juga: Bingung Cari Ide Bisnis? Ini Teknik Brainstorming yang Bisa Kamu Coba

Kamu pun sebagai pebisnis bebas untuk mengikuti seminar bisnis yang topiknya cocok dengan bisnismu, misalnya seminar bisnis soal memanfaatkan marketplace agar lebih maksimal.

Nantinya, kamu akan mendapatkan banyak wawasan baru terkait marketplace dalam bisnis. 

Begitupula dengan berbagai topik seminar bisnis lain yang serupa. Wawasan yang kamu dapatkan dalam seminar tersebut, bisa kamu terapkan untuk pengembangan bisnismu lebih lanjut. Pada akhirnya, wawasan yang kamu dapat dalam seminar bisnis tidak akan sia-sia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com