Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Bekerja Tidak Sesuai Ekspektasi? Lakukan Hal ini

Kompas.com - 26/05/2024, 08:30 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap bisnis pasti mengalami kendala atau kesulitan. Terkadang kendala yang paling sering dialami pelaku usaha adalah permasalahan tenaga kerja, mulai dari kurangnya tenaga kerja atau hingga kinerja karyawan yang bekerja tidak sesuai ekspektasi. 

Heiriyah (62), biasa dipanggil Ria, owner bisnis souvenir bernama Trois Art merasakan kendala kedua yaitu keempat karyawannya yang belum bisa bekerja sesuai yang ia mau.

Apalagi usahanya mengarah pada craft (kerajinan tangan) yang membutuhkan keterampilan yang cukup mumpuni.

Baca juga: Cara Owner AGTL Ny Nani S Memperlakukan Karyawan agar Betah Bekerja

Namun Ria tak menyerah begitu saja. Ia melakukan beberapa cara untuk mengatasi kendala SDM-nya itu. Berikut tiga cara yang Ria lakukan:

1. Mengajari dengan Sepenuh Hati

Karyawan bisnis craft sangat perlu ajaran dan arahan yang tepat dari pengrajinnya. Ria merupakan owner sekaligus pengrajin di Trois Art.

Ia pun mengajari keempat karyawannya agar dapat turut membantu dalam produksi. Sebagai owner yang juga harus benar-benar mengajari mereka dari detailnya dengan sabar, apalagi jika mereka tidak memiliki basic sama sekali.

2. Jangan Pernah Memarahi Karyawan

Karyawan Ria pernah salah dan bahkan membuat produk yang tak layak jual. Saat Ria mencoba membenarkannya pun tidak bisa.

Jadi semuanya harus dibongkar dan menyebabkan 2x kerja. Namun, Ria tak pernah memarahi karyawannya.

Ria hanya mengevaluasi dan kembali memberi tahu bagaimana cara mengerjakan suatu produk.

Hal ini akan membuat karyawan jauh lebih berkembang karena mereka tahu kesalahannya dan akan segera bisa memperbaikkinya.

3. Pembagian Tugas

Jika karyawan bekerja tak sesuai dengan ekspektasi Anda, bukan berarti mereka memiliki kemampuan yang buruk. Namun, mereka hanya tak cocok bekerja atau mengerjakan suatu bagian.

Baca juga: 5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan saat Merekrut Karyawan

Maka untuk mengatasi solusi itu, Ria akhirnya terpaksa membagi-bagi tugas karyawannya. Padahal biasanya karyawan dalam usaha kecil atau menengah melakukan semua pekerjaan atau fipakda bisa mengerjakan semua jobdesk.

Dengan melakukan pembagian tugas, mereka bisa lebih maksimal. Sebagai owner, Anda juga harus mengetahui karyawan Anda baik dalam pekerjaan yang mana.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com