Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Strategi Memperluas Networking Bisnis

Kompas.com - 05/07/2024, 17:53 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Networking atau jaringan bisnis bukan sekadar jalinan hubungan sosial, melainkan kunci penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mencapai kesuksesan bisnis dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Oleh sebab itu, tidak semua jaringan sama, jaringan bisnis yang tepat untuk Anda sangat bergantung pada tujuan bisnis Anda.

Memiliki tujuan bisnis yang jelas tidak hanya akan membantu Anda memilih jenis jaringan yang tepat, tetapi juga memastikan orang-orang yang Anda temui memahami apa yang ingin Anda dapatkan dari bergaul dengan mereka.

Baca juga: 4 Kebiasaan Pebisnis yang Sukses, Termasuk Membangun Networking

Anda dapat mulai membangun networking bisnis dengan tergabung bersama jaringan industri atau pun asosiasi professional.

Selain itu, penting juga membangun jaringan sosial, yang dapat menghubungkan Anda dengan orang-orang yang berpikiran sama, sehingga ke depannya Anda bisa berbagi dukungan dalam memecahkan masalah dan menjaga bisnis Anda.

Bagi Anda yang ingin memperluas networking bisnis, ada empat strategi membangun networking bisnis.

1. Pilih Platform dan Acara yang Tepat

Waktu adalah aset berharga dalam dunia bisnis. Pisahkan dengan jelas aktivitas jaringan bisnis dan pribadi Anda untuk memaksimalkan efisiensi.

Fokuslah pada platform dan acara yang benar-benar mendukung tujuan bisnis Anda.

LinkedIn adalah platform yang sangat efektif untuk jaringan bisnis, sementara acara tatap muka seperti konferensi, akan memberikan kesempatan pada Anda untuk bertemu orang-orang di dunia bisnis.

2. Gunakan Waktu Secara Efektif

Salah satu cara yang baik untuk mengembangkan jaringan Anda adalah dengan menghadiri konferensi dan acara perkumpulan pelaku usaha.

Di sana Anda bisa membuat janji temu terlebih dahulu dengan satu sama lain untuk memaksimalkan penggunaan waktu. Manfaatkan hal ini untuk meninjau profil peserta lain, yang sekiranya sesuai dengan visi bisnis Anda.

Baca juga: Apa Itu Networking? Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

3. Berikan Kesan yang Baik

Pastikan profil online Anda lengkap, dengan detail yang cukup menjelaskan apa yang Anda lakukan dan tawarkan, dan sertakan cara untuk menghubungi Anda secara langsung. Gunakan foto profesional yang sesuai dengan industri bisnis Anda.

Saat Anda menghadiri acara atau bertemu dengan jejaring baru, kenakan pakaian yang sesuai dengan konteksnya dan pastikan penampilan Anda secara keseluruhan rapi.

4. Melanjutkan Komunikasi

Melakukan kontak awal adalah langkah awal yang penting, baik secara online maupun secara langsung, tapi jika Anda tidak menindaklanjutinya, Anda dapat dengan mudah hilang dari radar seseorang.

Kirimkan pesan kepada teman baru atau jejaring baru Anda setelah pertemuan, untuk melanjutkan percakapan Anda atau berikan informasi tambahan yang mungkin mereka minta.

Anda juga dapat mengajukan pertemuan atau panggilan telepon untuk percakapan yang lebih mendalam.

 Baca juga: Tips Sukses Membangun dan Menjaga Networking

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com