Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Seorang Ekstrovert Cocok Berwirausaha? Simak 5 Alasannya

Kompas.com - 27/08/2024, 09:24 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kepribadian ekstrovert dan introvert memang memiliki perbedaan sifat dan karakteristik. Dalam berbisnis, keduanya tetap bisa unggul di bisnis yang cocok dengan minatnya masing-masing.

Meskipun demikian, pada dasarnya seorang wirausaha perlu memiliki sifat yang bisa memberinya keuntungan dalam berbisnis. Berjalannya suatu bisnis tetap dipengaruhi oleh pembawaan pemiliknya.

Jika kamu sebagai owner mampu mengembangkan bisnismu karena sifat-sifat yang ada dalam diri kamu, maka kamu bisa mendapat banyak keuntungan yang memudahkanmu dalam berbisnis.

Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa sifat dan karakteristik dari seorang ekstrovert yang bisa membantu kamu dalam berbisnis? Jika kamu termasuk kaum ekstrovert, mungkin beberapa hal ini adalah alasan mendukung kamu untuk mulai berbisnis, simak penjelasannya berikut ini seperti yang dilansir dari smallbiztrends.com:

1. Senang Berbicara

Sebagai ekstrovert yang mudah bersosialisasi dengan orang lain, senang berbicara adalah salah satu sifat yang menonjol dari orang ekstrovert. Dalam bisnis, senang berbicara tenyata bisa memberi keuntungan.

Baca juga: Bisnis Ini Cocok untuk Para Ekstrovert, Berminat?

Untuk membangun relasi, menarik pelanggan, hingga bernegosiasi bisnis membutuhkan kemampuan berbicara yang baik. Untuk itu, senang berbicara menjadi salah satu kekuatan kaum ekstrovert untuk mengembangkan bisnis mereka.

Kemampuan berbicara ini bukan hanya berguna untuk menarik pelanggan, tetapi juga untuk meyakinkan mitra hingga calon investor.

Senang berbicara ini juga bisa menjadi modal untuk public speaking, memiliki kemahiran berbicara di depan umum bisa sangat menguntungkan dalam dunia bisnis. Kamu bisa mempromosikan produk kamu dan menambahkan kalimat persuasif sehingga banyak orang yang tertarik untuk membeli.

2. Menyenangkan

Umumnya kaum ekstrovert mudah membangun kedekatan dengan orang lain karena kepribadiannya yang menyenangkan. Sifat ramah dan menyenangkan ini berguna untuk menjalin relasi dengan individu lain.

Jika kamu seorang ekstrovert yang mudah disenangi oleh lingkungan sekitar, kamu akan mudah mendapatkan perhatian dan kepercayaan orang lain. Keuntungannya adalah kamu bisa membuat orang-orang sekitar nyaman berada di dekatmu dan lebih yakin dengan produk yang kamu tawarkan.

Sifat ekstrovert yang menyenangkan ini bisa membantunya untuk membangun jaringan dengan orang lain hingga memiliki kedekatan dengan pelanggan. Tentu saja ini akan berpeluang untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: 4 Ide Bisnis Ini Cocok Untuk Kepribadian Introvert, Tertarik?

3. Percaya Diri

Salah satu sifat yang dimiliki oleh para ekstrovert adalah percaya diri. Dalam bisnis, seseorang yang memiliki kepercayaan diri cenderung lebih optimis dengan apa yang mereka kerjakan. Hal ini berguna untuk membangun tekad dalam bisnis.

Selain itu, pelanggan yang melihat kamu sebagai sosok yang percaya diri juga bisa merasakan hal positif yang ada dalam diri kamu. Mereka akhirnya semakin yakin dengan bisnismu karena kamu mampu menawarkannya dengan kepercayaan diri.

4. Penuh Energi

Seorang ekstrovert biasanya memiliki energi yang tidak habis-habis, semakin sering mereka berinteraksi dengan orang lain justru semakin menambah energi mereka. Sifat seperti ini biasanya bisa mendorong seseorang untuk terus bersemangat mengejar tujuannya.

Oleh karena itu, seorang ektrovert yang penuh energi cocok untuk berbisnis. Karena mereka bersemangat untuk terus berkembang. Energi yang penuh ini mendorong mereka untuk semakin giat bekerja.

5. Berani Mengambil Risiko

Baca juga: Tips Menghemat saat Berbisnis Online, Cocok Untuk Pemula

Kebanyakan orang ekstrovert memiliki keyakinan terhadap dirinya sendiri, oleh karena itu mereka cenderung siap untuk mengambil risiko. Dalam dunia bisnis, banyak ketidakpastian yang menjadi risiko bisnis, padahal mungkin saja ada peluang untuk membuka inovasi dan terobosan baru di dalamnya. Oleh karena itu dibutuhkan sifat berani mengambil risiko.

Mengingat sifat ekstrovert yang penuh energi dan semangatnya, lebih mungkin untuk mereka mencari banyak celah untuk berhasil mencapai tujuannya. Meskipun gagal, mereka bisa mencoba strategi lain.

Kaum ekstrovert akan memadukan bakat yang ia miliki dengan keberanian untuk menunjukkannya kepada masyarakat luas. Oleh karena itu seorang ekstrovert cocok untuk terjun ke dunia bisnis yang penuh tantangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau