Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengatasi Permintaan Diskon 'Harga Teman' Tanpa Canggung

Kompas.com - 29/08/2024, 19:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah kamu menghadapi situasi canggung saat teman dan keluarga kamu meminta diskon atau "harga teman" saat membeli produk jualanmu?

Kondisi ini sering dialami oleh para pelaku usaha, tentunya menjadi dilema antara memilih menjaga hubungan atau menghindari kerugian penjualan.

Jika kamu tidak memberikan diskon, kamu khawatir akan melukai perasaan mereka dan berdampak buruk terhadap hubungan pertemanan kalian.

Namun, jika kamu memberikan diskon kemungkinan akan berdampak kerugian pada penjualanmu terlebih lagi jika usaha yang kamu jalankan ini masih merintis. Selain itu, mungkin saja teman-temanmu yang lain ingin mendapat perlakuan yang sama pula.

Oleh karena itu, coba untuk mencari cara lain agar kamu tidak rugi tetapi juga tidak kehilangan teman. Lantas, bagaimana caranya untuk mengatasi situasi yang canggung ini?

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menghadapi teman atau keluarga yang meminta diskon "harga teman", seperti yang dilansir dari Entrepreneur.com,

Baca juga: Minta Harga Teman hingga Utang Tak Dibayar, Hindari Kebiasaan Ini agar Bisnis Lancar

1. Kirimkan Daftar Harga Terlebih Dahulu

Tentu saat berbisnis, kamu akan mencoba untuk menawarkan produk kepada orang terdekat di lingkungan sekitarmu terlebih dahulu. Tips yang bisa kamu gunakan untuk mengantisipasi permintaan diskon harga khusus teman adalah dengan mengirimkan daftar harga sejak awal menawarkan.

Jika dari awal kamu sudah mengajukan harga jual dari tiap produknya, temanmu mungkin lebih menyadari bahwa harga yang kamu ajukan sudah harga tetap. Hal ini juga sebagai upaya kamu untuk menunjukkan batasan yang jelas terkait harga jual.

Dengan kata lain, sebelum temanmu mengajukan harga diskon, kamu sudah terlebih dulu menegaskan harga jual dengan cara mengirimkannya daftar harga.

2. Tanggapi Dengan Humor

Dalam bisnis, mungkin saja temanmu mencoba meminta harga khusus teman dengan harapan mereka dapat harga lebih murah karena sudah kenal dekat dengan kamu selaku pemilik.

Maka dari itu, kamu juga bisa menggunakan pemikiran yang sama bahwa mereka adalah teman dekatmu, kamu bisa menolak permintaan mereka dengan menyelipkan humor di dalamnya.

Jika kalian sudah berteman, menolak dengan humor rasanya terdengar lebih santai dan mengurangi kecanggungan.

Baca juga: Cara Menjalankan Bisnis Bersama Teman ala Owner Meat Night Club

Kamu bisa menjaga kebijakan harga yang sudah ditetapkan tetapi dengan pembawaan yang ringan sehingga tidak melukai perasaan temanmu.

Misalnya kamu bisa menanggapinya dengan "Kalau kamu beli satu kopi, kamu dapat bonus spesial bisa nongkrong di sini sampai jam tutup, bagaimana?,". Menanggapi dengan cara seperti ini sebenarnya tetap pada kebijakan yang ada tetapi membungkusnya dengan humor.

Pada dasarnya, semua pembeli yang datang bisa menikmati kopi di tempat tanpa ada batasan waktu. Kamu tetap memperlakukan semua pelanggan dengan perlakuan yang sama, tidak membedakan meskipun itu untuk teman sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau