Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mengapa UMKM Butuh Peran Investor

Kompas.com - 16/10/2024, 17:07 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehadiran investor tentu bisa memberi dampak yang signifikan dalam mengembangkan bisnis. Dalam bisnis, investor dapat diartikan sebagai individu yang mengalokasikan modal atau aset ke dalam suatu usaha dengan harapan mendapatkan keuntungan atau pengembalian di masa depan.

Investor berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan modal untuk perusahaan dan proyek yang membutuhkan dana, pun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga pada dasarnya membutuhkan investor.

Tak hanya investasi di perusahaan besar saja, investor juga bisa berinvestasi untuk bisnis kecil atau startup yang masih merintis. Tetap ada peluang jika bisnis kecil tersebut berhasil dan memberikan keuntungan besar di masa mendatang.

Baca juga: Pahami Cara Menggaet Investor dengan FOMO

Maka dari itu, UMKM membutuhkan investor untuk beberapa alasan penting yang berhubungan dengan pengembangan usaha dan keberlanjutan jangka panjang. Seperti yang dilansir dari Quora.com, berikut ini alasan pentingnya peran investor untuk UMKM,

1. Modal untuk Ekspansi

Saat ini ada banyak UMKM dengan ide atau produk yang potensial, tetapi mereka kekurangan modal untuk memperluas operasi, menjangkau pasar, atau meningkatkan kapasitas produksi. 

Dalam hal ini, investor dapat menyediakan dana yang digunakan oleh UMKM atau bisnis kecil untuk mengembangkan bisnisnya. Misalnya untuk berbagai membeli peralatan, memperluas operasional, meningkatkan inventaris, atau memperluas jangkauan pemasaran.

Baca juga: Ternyata Mudah, Begini Cara Kedai Kopi Uncle Jo X Bar Dilirik Investor

Hal ini dapat membantu UMKM tumbuh lebih cepat daripada jika hanya bergantung pada keuntungan internal. Meskipun demikian, sebagai investor juga perlu melihat dengan jeli UMKM mana yang memang betul-betul memiliki potensi keberhasilan kedepannya agar modal yang diberikan bisa berbalik menjadi keuntungan.

2. Pengembangan Produk dan Inovasi

Dalam banyak kasus, UMKM terkadang membutuhkan dana untuk melakukan penelitian dan pengembangan (R&D), terlebih lagi saat ingin mengembangkan produk baru. Seperti yang diketahui pada umumnya R&D membutuhkan modal yang besar.

Dengan dukungan dari investor terutama yang berasal dari industri yang relevan, UMKM dapat berinovasi dan tetap kompetitif di pasar.

Selain dari segi permodalan, investor yang relevan dengan industri bisnis sering kali memberikan panduan, saran bisnis, dan strategi berdasarkan pengalaman mereka. Hal ini tentunya sangat berharga bagi UMKM dalam membuat keputusan yang lebih bijak dan menghindari kesalahan umum yang bisa merugikan bisnis.

Baca juga: 5 Tips Jitu Dapatkan Modal Bisnis dari Investor

3. Memperbaiki Manajemen dan Arus Kas

UMKM dan bisnis kecil yang masih merintis sering menghadapi tantangan arus kas, terutama pada tahap awal ketika pendapatan belum stabil sementara biaya operasional terus berjalan.

Dalam hal ini, modal dari investor dapat membantu UMKM menjaga arus kas yang sehat. Artinya meskipun kas bisnis belum stabil tetapi operasionalnya tetap bisa berjalan karena peran dari investor.

Dana yang diperoleh dari investor juga bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi manajemen dan operasional. Misalnya, mengimplementasikan sistem manajemen yang lebih canggih, memperbaiki proses produksi, atau meningkatkan kecepatan layanan kepada pelanggan.

Baca juga: Cara Menggaet Investor untuk UMKM

4. Akses ke Jaringan dan Sumber Daya

Selain modal finansial, investor juga memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan modal jaringan. Biasanya investor memiliki jaringan luas yang dapat membantu UMKM mengakses pasar baru, mendapatkan nasihat bisnis, serta memperbaiki strategi pemasaran dan penjualan melalui jaringan-jaringan yang lebih berpengalaman.

Banyak investor yang mampu membuka pintu-pintu peluang baru terhadap UMKM dengan membawanya ke jaringan bisnis yang lebih luas. Mereka dapat membantu UMKM menghubungkan dengan mitra potensial, pelanggan besar, pemasok, atau bahkan investor lain.

5. Meningkatkan Kepercayaan Pasar

Baca juga: Bisnis Semakin Besar dan Butuh Tambahan Modal? Menjajaki Investor Bisa Jadi Opsinya

Ketika UMKM mendapatkan pendanaan dari investor, tentunya ini bisa berimbas pada reputasi dan kepercayaan dari pihak eksternal. Baik pelanggan, mitra bisnis, dan lembaga keuangan akan lebih percaya jika suatu bisnis memiliki seorang investor.

Dukungan dari investor sering kali dianggap sebagai tanda bahwa bisnis tersebut memiliki potensi besar untuk sukses, yang bisa membantu membuka lebih banyak peluang bagi UMKM.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa banyak sekali peran penting investor bagi bisnis kecil. Investor memberikan akses yang lebih luas ke sumber daya finansial, pengetahuan, dan koneksi yang dapat mendorong UMKM berkembang lebih cepat dan lebih kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau