Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Terakhir, 11 Juta UMKM Telah Manfaatkan E-Commerce

Kompas.com - 03/08/2022, 16:48 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga menyebut bahwa terdapat 11 juta Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergabung dalam e-commerce sejak Mei 2020 hingga Juni 2022.

Bima menyampaikan, dengan masuk ke dalam e-commerce, UKM memiliki peluang besar untuk memanfaatkan ekonomi digital di wilayahnya masing-masing dan peningkatan peluang di tengah krisis global.

"Saat pandemi, kami mendukung UKM untuk on boarding bersama platform digital, di mana anggota idEA bersama pemerintah menggencarkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang fokusnya adalah meningkatkan kesadaran hingga ada 11 juta UKM baru di e-commerce," kata Bima Laga, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: 4 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis, Tertarik Coba?

Kendati demikian, akses teknologi masih menjadi tantangan bagi UKM dalam memanfaatkan peluang lewat ekonomi digital. Tantangan lain yakni permodalan, investasi, akses pasar, dan keterampilan manajemen dan bisnis.

"Padahal ini sangat dibutuhkan UKM dalam bertahan di tengah pandemi," ujar Bima.

Pada kesempatan tersebut, Bima juga memaparkan bahwa kondisi perekonomian global saat ini tidak menentu karena kondisi geopolitik.

Namun, peran e-commerce terhadap ekonomi digital masih tumbuh dari waktu ke waktu, yang tecermin dari nilai transaksi di 2021, di mana ekonomi digital membukukan transaksi sebesar 53 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 700 triliun.

Menurut Bima, peran ecommerce tiga tahun ke depan masih akan mendominasi yakni pada 2025 dengan nilai transaksi diperkirakan mencapai 104 miliar dolar AS atau hampir Rp1.400 triliun.

Baca juga: Mau Pakai Jasa Digital Marketing? Hitung Dulu Biayanya

Dengan nilai tersebut, e-commerce berkontribusi 5 persen dari Produk Domestik Bruto (GDP).

Bima berharap, kontribusi e-commerce dapat terus tumbuh dan berkontribusi lebih dari 10 persen di 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com