Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Bisnis Perikanan? Simak Tips Berikut

Kompas.com - 12/09/2022, 15:55 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak peluang usaha di bidang perikanan. Cakupannya begitu besar, sehingga banyak ranah usaha yang dapat dirintis di bidang tersebut.

Tugas utamanya adalah bagaimana merintis UMKM di bidang perikanan dengan tetap mengedepankan etika dan tanggung jawab dalam memanfaatkan sektor kelautan dan perikanan itu.

Dilansir dari Kompas.com, data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor kelautan dan perikanan mencapai Rp 3,95 triliun sampai dengan Mei 2022 yang lalu.

Baca juga: Rahasia Sukses Jalani Bisnis UMKM dari Kang Apep Friyana

Artinya ada peningkatan sebanyak 33,5 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, pihaknya akan menggenjot penyaluran KUR untuk pelaku UMKM perikanan di Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, disampaikan bahwa tahun ini KKP memiliki target penyaluran KUR pada sektor kelautan dan perikanan sebesar Rp 8,9 triliun.

Artinya, ada keseriusan dari pihak pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM di sektor perikanan. Terdapat peluang yang bisa sama-sama Kita lihat untuk memulai bisnis pada bidang tersebut.

Namun, apa saja sih hal-hal mendasar yang perlu diketahui untuk memulai bisnis perikanan? Dilansir dari beberapa sumber, simak beberapa kiatnya sebagai berikut.

1. Melakukan Riset dan Menentukan Target Pasar

Sebelum tahap produksi, Anda perlu melakukan riset untuk pembudidayaan ikan. Mulai dari lokasi pembudidayaan, peralatan, aturan pemerintah, dan faktor cuaca di lokasi, sudah ditentukan.

Anda juga perlu memikirkan target pasar konsumen ikan Anda. Usaha perikanan pun memiliki jenis-jenisnya, seperti ikan ternak (tambak) dan ikan laut. Keduanya akan memiliki pasar yang berbeda sehingga perlu disesuaikan.

2. Pembudidayaan Ikan

Tahap produksi dalam bisnis perikanan adalah proses untuk menghasilkan ikan yang berasal dari penangkapan ikan atau pembudidayaan ikan. Di tahap inilah Anda mengeksekusi riset yang sudah dilakukan dan memulai proses pemeliharan ikan, ditambak dari bibit hingga panen atau penangkapan ikan di laut.

Hal paling penting adalah Anda perlu memperhatikan aturan pemerintah dalam melakukan budidaya dan penangkapan ikan tersebut yang bisa dilihat melalui laman resmi kementerian kkp.go.id.

3. SOP Pasca-Panen

Setelah panen ikan lewat metode budidaya dan penangkapan, proses selanjutnya adalah pengolahan hasil ikan tersebut.

Terdapat standar operasional prosedur (SOP) yang perlu dijalankan. SOP dari hulu ke hilir diperlukan agar hasil pengolahan sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Mulai dari penanganan ikan di atas kapal, pemangkapan ikan hidup, bahkan hingga pengemasannya sebelum dipasarkan.

4. Pengolahan

Produk yang sudah diolah pastinya akan langsung didistribusikan ke konsumen, misalnya dijual ke restoran, pedagang pasar, atau bisa juga Anda olah secara mandiri menjadi produk olahan ikan.

Di bagian ini juga, Anda perlu memikirikan strategi pemasaran dan melihat kebutuhan yang paling memiliki peluang. Jika Anda merasa perlu mengolah hasil tangkapan sendiri, produk olahan yang dibuat harus sudah sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan target konsumen.

Baca juga: 8 Proses yang Bakal Bantu Bisnis Anda Capai Kesukesan

5. Pemasaran dan Terjun Lapangan

Apa hubungan antara keduanya? Pemasaran sangatlah penting dalam berbisnis karena di fase itulah Anda memikirkan bagaimana sebuah produk bisa sampai di tangan konsumen. Pemasaran usaha perikanan tidak jauh berbeda dengan usaha jenis lain. Mulai dari penentuan harga hingga strategi promosi.

Sebagai pelaku usaha, Anda perlu terjun langsung ke lapangan, seperti ke tambak, pengepulan ikan, atau kapal penangkapan untuk mendapat gambaran strategi memasarkan ikan-ikan tersebut. Dengan terjun secara langsung, Anda bisa lebih mengenal kelebihan dan keunikan dari usaha yang dirintis beserta produknya, dalam hal ini hasil ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com