Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Segarnya Asinan Matraman Mama Epoy, Hasil Kolaborasi Ibu dan Anak

Kompas.com - 13/10/2022, 10:00 WIB
Putri Sophia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berawal dari dapur milik Mama Epoy dan pemasaran yang sederhana, kini produk-produk Asinan Matraman Mama Epoy eksis di berbagai media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Hal ini tak lain merupakan ide cerdas dari sang anak, Lukman, yang pada 2020 lalu memutuskan untuk rebranding usaha asinan ibunya yang semula menggunakan teknik pemasaran mulut ke mulut saja.

“Asinan tanpa pemasaran online cuma word of mouth itu aja sudah bagus, terus kepikiran potensinya ini untuk dijual dan dibranding jadi lebih bagus lagi,” ungkap Lukman, dalam wawancara bersama Kompas.com, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: 5 Tips Memulai Bisnis Street Food Korea

Hadir dengan wajah dan branding baru, Asinan Matraman dengan 3 produk andalannya yaitu asinan buah, asinan sayur, dan salad buah ini berhasil menarik perhatian audiens di media sosial.

Bagaimana tidak? Berbagai konten menariknya di TikTok berhasil menarik audiens hingga hampir 500.000 likes, juga beberapa video yang mencapai jutaan views.

Perkembangan ini pun dirasakan oleh Lukman, bagaimana media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap penjualan produk asinan rumahan buatan sang ibu.

“Yang baru diaktifkan itu TikTok, TikTok itu lumayan besar selain untuk awareness, penjualan juga bagus, lebih bertumbuh,” tuturnya.

Memanfaatkan TikTok juga ia maksimalkan dengan mengikuti tren yang beberapa waktu lalu viral yaitu Citayam Fashion Week (CFW). Di sana, Asinan Mama Epoy berhasil menarik perhatian hingga mendapat jutaan views dalam videonya.

Meningkatnya penjualan tak serta merta berasal dari viralnya di media sosial saja. Asinan Matraman Mama Epoy pun menjunjung tinggi rasa dan juga kualitas.

Punya Standar Kualitas Sendiri

Proses produksi Asinan Matraman mulai dari pembelian bahan baku di pasar, pembuatan, hingga pengiriman ke konsumen hingga saat ini masih ditangani oleh Mama Epoy dan timnya sendiri.

Mama Epoy memiliki standar kualitas sendiri dalam mengolah buah dan sayuran yang akan dijadikan bahan asinannya.

Oleh sebab itu, Asinan Matraman ini berani menjamin semua produknya memiliki garansi pasti fresh sampai ke tangan konsumen.

“Kami punya campaign garansi pasti fresh, bahan bakunya wajib fresh. Disortir secara detail banget sampai jadi. Kita recheck jangan sampai ada yang ga fresh atau rambut jatuh dan semacamnya,” jelas Lukman.

Baca juga: 6 Tips Cerdas Mengatur "Cash Flow" untuk UMKM

Garansi pasti fresh ini memungkinkan pelanggan untuk menerima produk asinan baru, apabila terbukti ditemukan asinan yang tidak fresh atau terdapat jatuhan rambut.

Bukan tanpa alasan, campaign pasti fresh ini bertujuan untuk tetap menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen yang mayoritas pegawai kantoran terhadap Asinan Matraman Mama Epoy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com