Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blibli Bersama BI dan IFC Dukung Eksistensi Produk UMKM Terbaik Jateng

Kompas.com - 14/04/2023, 14:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) bersama BI (Bank Indonesia) dan IFC (Indonesia Fashion Chamber) mengadakan Pameran UMKM Gayeng 2023 dan Bazar Ramadan & Fashion Show Indonesia Fashion Chamber, yang digelar pada bulan April ini di Hotel Tentrem Semarang.

Vice President Galeri Indonesia Blibli, Andreas P,  mengatakan bahwa ini momen yang tepat untuk meningkatkan eksistensi produk UMKM lokal, ditambah lagi tidak adanya pembatasan yang berlaku seperti tahun-tahun sebelumnya saat pandemi Covid-19.

Pihaknya optimis permintaan produk lokal akan meningkat pesat seiring besarnya antusiasme masyarakat berbelanja produk 100% asli Indonesia, untuk diri mereka sendiri atau pun berbagi kebahagiaan dengan sesama.

"Tren meningkatnya permintaan terhadap produk lokal ini sudah kami jumpai di awal Ramadhan lalu, dengan ragam produk bertumbuh mencapai 125% dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Andreas dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/4/2023).

Baca juga: Equinix dan Astra Bekerja Sama Dukung Transformasi Digital dan Pembangunan Ekonomi Indonesia

Adanya kolaborasi yang bertujuan memperluas pasar UMKM Jateng ini berdasarkan pada kebutuhan pendekatan hyperlocal, di mana angka penjualan di kota-kota mudik, seperti Semarang, membukukan adanya 10-25% growth pada tahun lalu dibandingkan Jakarta yang hanya 3%, dilansir melalui data Google.

Tak hanya itu, ternyata fesyen menjadi subsektor ekonomi kreatif unggulan di Semarang yang menyumbang sekitar 18% PDB.

“Fakta inilah yang kemudian mendorong Blibli untuk menjadi menjadi e-commerce partner untuk memberi kemudahan berbelanja produk UMKM Jateng secara online maupun click & collect di tempat berlangsungnya acara,” sambung Andreas.

Acara Pameran UMKM Gayeng 2023 diadakan mulai 11-15 April 2023 di tempat yang sama dengan tema Go Green, Sustainable, Digital and Export yang diikuti oleh 100 penjual dan 20 UMKM lokal.

Baca juga: Mastercard Strive Indonesia Siap Bantu UMKM Sukses di Era Ekonomi Digital

Sementara Bazar Ramadan & Fashion Show Indonesia Fashion Chamber diadakan hingga 27 April 2023 dengan melibatkan 20 desainer lokal unggulan asal Jateng.

Melalui acara ini, Andreas berharap dapat turut mendukung digitalisasi dan eksistensi produk dari UMKM Jateng ke dalam pasar yang lebih luas.

“Lewat strategi hyperlocal yang terus kami kembangkan, kami optimis dapat terus mendukung #PejuangLokal Jateng untuk bangkit, berkarya, dan jadi primadona di negeri sendiri,” pungkasnya.

Senada dengan Andreas, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwi Saputra, menyatakan bahwa dengan memanfaatkan momen yang tepat melalui platform Blibli dan semangat untuk terus mendorong kualitas produk UMKM ini, dapat memberikan dampak yang positif pada perekonomian lokal.

Baca juga: Pertamina Dorong UMKM Kembangkan Sistem Digitalisai Pemasaran Lewat ICRAFT 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com