Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Kue Punya Banyak Kompetitor? Catat Tiga Strategi Ampuh Hadapinya...

Kompas.com - 05/05/2023, 19:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisnis kue memang memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan. Namun bisnis ini tidak mudah dilakukan karena banyaknya kompetitor di bisnis yang sejenis.

Kamu tidak perlu khawatir, pasti ada jalan untuk mencari peluang bisnis agar sukses. Oleh karena itu, agar bisnis kue yang dijalani sukses dan bisa memenangkan persaingan bisnis. Berikut ini beberapa strategi yang bisa dilakukan.

1. Memiliki konsep dan perencanaan yang matang

Agar memenangkan persaingan dalam bisnis diperlukannya suatu konsep dan perencanaan yang matang.

Konsep bisnis sendiri di halaman menentukannya harus memperhatikan beberapa hal seperti minat masyarakat, karakteristik masyarakat sampai adanya bisnis yang sejenis.

Baca juga: Persaingan Bisnis Ternyata Bisa Beri Dampak Positif

Dengan adanya konsep bisnis yang matang bisa menjadikan perencanaan bisnis terukur. Ketika perencanaan yang dibuat kurang matang memiliki risiko kerugian yang besar, karena itu buatlah perencanaan bisnis yang baik supaya bisa memenangkan persaingan bisnis.

2. Melakukan evaluasi dan inovasi

Selanjutnya dalam persaingan bisnis membuat kita lebih berinovasi untuk membuat suatu nilai tambah pada produk yang dijual. Tujuannya untuk menarik perhatian pelanggan supaya membeli produkmu dibanding para kompetitor.

Selain inovasi, evaluasi juga menjadi hal penting Karena untuk mengetahui kekurangan dan nilai lebih dalam berbisnis supaya bisnis semakin maju.

Dengan adanya evaluasi secara rutin, bisnis kue bisa terhindar dari persoalan ya mungkin saja muncul akibat kecerobohan selama proses bisnis dan evaluasi bisa meningkatkan kualitas bisnis tersebut.

Baca juga: Ingin Bisnis Kue Kering? SImak Tips Ini agar Bisa Sukses

3. Memperluas jaringan pasar

Selanjutnya yang bisa dilakukan dengan memperluas jaringan pasar. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menambah variasi jenis kue yang dijual.

Misalnya, Kamu hanya menjual kue rasa coklat dan tidak ada salahnya untuk membuat menu baru yang mempunyai beberapa rasa supaya bisa dinikmati oleh semua orang.

Selain itu, dengan memperluas pasar bisa menambah keuntungan dan nilai tambah pada pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com