Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Ragu, Ini 5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rumahan!

Kompas.com - 09/06/2023, 09:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada banyak cara menjalankan sebuah bisnis, termasuk dengan memulainya dalam skala yang kecil.

Memulai sebuah bisnis tak harus dengan langsung menggunakan modal yang besar atau menyewa tempat untuk dijadikan toko.

Kamu dapat memulai bisnis bahkan dari rumah yang kamu tinggali sekarang. Ada berbagai macam ide bisnis yang dapat kamu lakukan di rumah, seperti menjadi reseller online shop atau membuka katering kecil-kecilan.

Jika kamu masih ragu untuk memulai sebuah bisnis rumahan, berikut ini keuntungan menjalankan bisnis rumahan yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: 5 Ide Usaha di Halaman Rumah, Salah Satunya Tempat Ngopi

1. Lebih bebas

Ada banyak kebebasan yang dapat kamu rasakan ketika menjalankan bisnis sendiri dari rumah. Kamu dapat bebas mengatur dan mengendalikan kegiatan bisnis sesuai dengan keinginanmu.

Kamu juga dapat menyesuaikan kegiatan di rumah antara mengurus bisnis dengan mengurus pekerjaan rumah sehingga kegiatan sehari-harimu dapat tetap berjalan tanpa kendala.

Kamu tidak perlu memikirkan aturan kantor yang ketat atau memikirkan harus menggunakan baju yang sesuai saat bekerja. Yang terpenting dalam melakukan bisnis sendiri adalah kamu dapat bertanggung jawab, disiplin, dan konsisten.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Digital yang Mudah Dilakukan dari Rumah, Termasuk Jasa Voice Over

2. Minim biaya

Dengan memulai bisnis dari rumah, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, seperti untuk menggaji karyawan tetap atau mengeluarkan biaya sewa tempat.

Kamu dapat menekan biaya seminim mungkin. Bahkan, bukan tak mungkin kamu dapat memulai sebuah bisnis tanpa modal, dengan bermodalkan perlengkapan yang sudah kamu miliki di rumah.

Alih-alih menyiapkan biaya untuk membayar sewa tempat, kamu dapat mengalokasikannya untuk kebutuhan yang lain, seperti meningkatkan pemasaran secara digital atau menambah bahan baku produksi untuk meningkatkan jumlah produk yang akan dijual.

Baca juga: 3 Tips Merintis Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

3. Fleksibilitas waktu

Di samping menjalankan bisnis, kamu juga tetap dapat melakukan pekerjaan rumah seperti biasanya. Kamu dapat menyusun jadwal kegiatan yang waktunya disesuaikan sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu dapat membagi sesuai kebutuhan, kapan waktu untuk melakukan kegiatan bisnis dan kapan waktu untuk mengurus rumah.

Sebagai contoh, jika kamu seorang ibu rumah tangga, maka kamu dapat mengurus bisnismu sekaligus memantau anak-anak dengan tetap berada di rumah, sehingga semua hal tetap aman berada di bawah pengawasanmu.

4. Berpeluang mengembangkan bisnis secara profesional

Bukan tidak mungkin bisnis yang kamu jalankan dalam skala kecil, minim modal, dan hanya dilakukan dari rumah dapat berubah menjadi sebuah bisnis tetap yang terus berkembang hingga akhirnya bisa memperluas pasar dan memiliki pelanggan dari berbagai daerah.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Untung Besar, Patut Dicoba

Terus belajar dan konsisten dapat menjadikan bisnis yang awalnya hanya dikenal oleh tetangga sekitar, menjadi sebuah bisnis yang mampu melakukan ekspor ke berbagai negara di dunia.

Akan selalu ada peluang dan kesempatan yang dapat kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis menjadi besar.

5. Sumber pemasukan tambahan

Memiliki sumber pemasukan tambahan dapat membuat kehidupan ekonomi keluargamu menjadi lebih aman dan stabil.

Adanya pemasukan tambahan ini, dapat kamu tabung untuk menyiapkan kebutuhan jangka panjang atau bahkan kebutuhan tak terduga.

Kamu juga dapat mengumpulkannya untuk kemudian dijadikan sebagai investasi masa depan, entah itu untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan mengembangkan bisnis.

Baca juga: 5 Langkah Awal Membangun Bisnis Rumahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com