Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Sukses Usaha Angkringan Laris Manis di Tengah Persaingan

Kompas.com - 31/08/2023, 12:05 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bisnis kuliner seolah menjadi primadona yang semakin diminati oleh calon pelaku usaha, salah satunya usaha angkringan.

Bukan hanya di kota-kota kecil, angkringan kini bahkan dapat ditemui dengan mudah di setiap sudut kota Jakarta.

Tak heran, pasalnya angkringan memang menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Ini karena angkringan tak membutuhkan modal besar, tapi memiliki potensi keuntungan sangat besar.

Baca juga: Bisnis Angkringan Agar Cuan, Simak Tips Ini

 

Umumnya, keuntungan angkringan bisa mencapai seratus persen dari modal usaha yang dikeluarkan.

Selain itu, makanan dan minuman juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, karenanya, usaha angkringan tidak pernah sepi pembeli.

Untuk membuka angkringan, kamu hanya perlu menyiapkan lokasi dan sebuah gerobak khas angkringan, kompor dan gas dan bahan-bahan makanan seperti nasi kucing, aneka gorengan, bacem tahu, ceker ayam, bacem tempe, ikan asin, telur puyuh, sate-satean, dan sebagainya.

Tapi, jika modal yang kamu miliki tidak cukup untuk menyiapkan berbagai bahan makanan tersebut, kamu bisa bekerja sama dengan para pemasok makanan.

Menurut buku 50 Sukses Bisnis Modal Dengkul karya Miftahul A’la, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum memulai usaha angkringan.

Baca juga: Cerita Sukses Brand Celana Jeans People Meet Denim Company, Berawal saat Pandemi

1. Lokasi Yang Strategi

Lokasi angkringan menjadi peran utama yang harus kamu prioritaskan. Dengan memilih lokasi yang strategis, maka usaha kamu lebih mudal dikenal dan dijangkau.

Lokasi strategis yang bisa jadi pilihan anatara lain seperti dekat pasar, sekitar pusat keramaian, dekat kampus, sekitar pabrik, dekat pusat perbelanjaan, dipinggir jalan yang ramai, dan di depan rumah yang berlokasi strategis.

2. Menu Makanan

Tidak harus menyediakan menu hidangan yang terlalu beragam, tetapi pastikan menu yang tersedia harus enak dan lezat.

Selain itu, usahakan menu makanan memiliki harga yang terjangkau, karena angkringan menyasar semua kalangan terutama menengah ke bawah.

Baca juga: Menghasilkan Cuan Dengan Membuka Gerai Cuci Helm

Makanan yang tersedia di angkringan biasanya adalah nasi kucing dengan berbagai menu lauk sambal teri, usus, kering tempe, atau lainnya.

Tak hanya itu, kamu juga perlu menyiapkan makanan pendamping, seperti gorengan, sate, kerupuk, snack, dan lain sebagainya.

Karena saat makan harus ada minum, maka kamu juga harus menyediakan menu minuman berupa es teh, kopi, es jeruk, susu jahe, es susu, dan lain-lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com