Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ACE-YS 2023 Fokus Menilik Peluang Ekonomi Kreatif Pasar Asia

Kompas.com - 06/09/2023, 19:27 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai upaya pemerintah dalam memfasilitasi dan menciptakan ekosistem yang mendukung kemajuan ekonomi kreatif dan digital bagi anak-anak muda, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan Selaksa menginisiasi Asian Creative & Digital Youth Economy Summit (ACE-YS) 2023.

Asian Creative & Digital Economy Youth Summit (ACE-YS) 2023 merupakan sebuah platform yang memfasilitasi para kreator, pebisnis, pengampu kebijakan, komunitas, dan investor di Asia untuk mendorong ekonomi kreatif dan digital yang dinamis dan berkelanjutan.

Pada gelaran perdana ini, ACE-YS akan berfokus menilik potensi pasar Asia.

Baca juga: Penyaluran KUR di Aceh Periode Januari-Agustus 2023 Lampaui Target

“ACE-YS adalah inisiatif anak muda yang ingin merangkul berbagai pemangku kepentingan di ekosistem kreatif dan digital untuk bertemu, saling bertukar pengalaman, membangun kerjasama dan peluang, hingga saling berbagi strategi kebijakan di level negara,” jelas Fadhila Hasna Athaya, Perwakilan Steering Commitee Panitia ACE-YS, dalam siaran pers yang diterima KOMPAS.com pada Rabu (6/9/2023).

ACE-YS akan dilaksanakan pada 28-29 Oktober 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Indonesia.

Pada gelaran perdananya, ACE-YS membawa slogan “New Waves From the SEA” dengan menjadi fasilitator untuk memetakan dan menghubungkan peserta Asia, dalam melihat peluang global ekonomi kreatif dan digital yang diawali dari SEA (Southeast Asia).

Dalam kesempatan ini, Odo R.M. Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Maritim & Investasi, menggarisbawahi pentingnya diplomasi budaya yang harus menjadi perhatian semua pihak.

Baca juga: Industri Keuangan Didorong Sediakan Produk yang Ramah bagi Penyandang Disabilitas

“Peluang ekonomi kreatif dan digital Asia memerlukan dukungan diplomasi budaya. Dalam hal ini, kami coba melakukan penyelarasan antara gelaran ACE-YS dan ASEAN-Indo-Pacific Forum,”tuturnya.

Selain itu, Lazada Indonesia meyambut secara positif inisiatif gelaran ACE-YS 2023 dan berkeinginan untuk menjadi katalis dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi digital dan kreatif di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Ferry Kusnowo, Direktur Eksekutif Lazada Indonesia mengatakan, Lazada mendukung gelaran ACE-YS sebagai bentuk komitmen Lazada dalam upaya percepatan perekonomian melalui pemberdayaan generasi muda di Asia Tenggara.

"Dengan kehadiran Lazada di sebagian besar negara di Asia Tenggara, bisa membuka peluang bagi generasi muda di Asia Tenggara untuk terhubung dan saling berkolaborasi di dalam ekosistem ekonomi digital dan kreatif di Lazada,” ujar Ferry.

Baca juga: 7 Tips Cuan Berlimpah Usaha Jual Mobil Bekas

Fadhila berharap, pertemuan ini akan lebih membuka lagi jejaring dan peluang kerja sama di berbagai sub-sektor kreatif yang sehat dan berkelanjutan di Asia, dengan memanfaatkan generasi muda dan bonus demografi di kawasan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com