Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu UKM Naik Kelas, Ninja Xpress Hadirkan Ninja Studio dan Layanan International Delivery

Kompas.com - 20/09/2023, 18:14 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir sejak tahun 2015, Ninja Xpress terus BERinovasi untuk mendukung pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, melalui komitmen Siap Bantu Sampai Tujuan.

Salah satu bentuk inisiatif Ninja Xpress yaitu memberikan wadah kepada UKM lewat Ninja Studio.

Adanya Ninja Studio ini, membantu komunitas UKM memiliki tempat yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan bisnis, dengan berbagai fasilitas pendukung di dalamnya.

Baca juga: Pedagang Tanah Abang Keluhkan Penjualan Turun Drastis, MenkopUKM Sebut akibat Kalah Saing

Andi Djoewarsa selaku Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengatakan, hadirnya Ninja Studio dapat dijadikan sarana bagi UKM dan komunitasnya untuk mengadakan berbagai kegiatan.

Dengan begitu, Ninja Studio dapat menjadi peluang bagi UKM untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, hingga memperluas jaringan bisnis mereka.

"Bukan hanya itu, komunitas UKM juga dapat menggunakan layanan foto dan video produk gratis di Ninja Studio," kata Andi dalam acara konferensi pers Siap Bantu Sampai Tujuan: Go Global Bersama Ninja Xpress di Ninja Studio, Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Baca juga: Kisah Sukses Isa Juarsa Membangun Bakso Rusuk Joss hingga Punya Puluhan Cabang

Sejak bulan Agustus 2023, sudah ada lebih dari 20 kegiatan komunitas berlangsung di Ninja Studio yang terletak di Pejaten, Jakarta, yang dihadiri oleh lebih dari 300 UKM.

Selain Ninja Studio, Ninja Xpress juga telah menyediakan layanan pengiriman internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Ribka Pratiwi, Head of Public Relations Ninja Xpress mengungkap, bahwa beberapa bulan lalu pihaknya telah merilis layanan international deliveries yang akan memudahkan UKM untuk mengekspor produknya, khususnya ke Singapura dan Malaysia secara end to end.

"Layanan ini akan membantu UKM, mulai dari pengurusan dokumen sampai dengan penyediaan fasilitas Cash-On-Delivery (COD) lintas negara," jelasnya.

Tak berhenti di situ, Ninja Xpress juga memfasilitasi UKM untuk dapat menjual produknya di Mallindo, yakni platform e-commerce yang berfokus pada penjualan produk-produk Indonesia di Malaysia.

“Dengan adanya Mallindo, dapat mempermudah UKM Indonesia dalam menembus pasar Malaysia, yang memiliki potensi besar,” ujar Andi.

Baca juga: Menkop-UKM Ramaikan Live Shopping Tokopedia dan Ajak Flexing Produk Lokal

Mallindo dikelola oleh Titan Sabtian yang sudah berpengalaman selama 20 tahun di bidang ekspor dan impor, Titan juga merupakan Coach Ekspor Certified BNSP Sekolah Ekspor.

Platform ini dapat mengakomodasi berbagai kategori produk, mulai dari makanan, fesyen, aksesoris, dan sebagainya.

Titan Sabtian, Coach Ekspor Certified BNSP Sekolah Ekspor mengatakan, dengan adanya layanan international deliveries dan fasilitas untuk menjual produk di Mallindo, akan semakin memudahkan UKM untuk naik kelas dan melakukan ekspansi bisnis mereka ke luar negeri.

Sementara itu, Yosef Abas, founder Sekolah Pebisnis menekankan pentingnya pelatihan komprehensif yang berfokus pada peningkatan keterampilan bisnis bagi UKM, agar mampu bersaing secara global.

Menurutnya, adanya berbagai fasilitas perlu diiringi dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan bersaing secara global, sehingga akan lebih banyak UKM yang sukses menghadapi tantangan pasar internasional.

Baca juga: Kemenkop UKM: UMKM di Indonesia Perlu Perkuat Entrepreneurial Mindset

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com