Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan untuk Pelaku UMKM Perempuan: Jangan Mudah Putus Asa, Libatkan Keluarga

Kompas.com - 19/10/2023, 16:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ragam bisnis dan ragam tantangan yang dihadapi oleh masing-masing pengusaha menjadi suatu topik menarik untuk diulas dan dipelajari untuk para pemula bisnis.

Alberthina Louisa de Queljoe atau akrab disapa dengan Tien telah menjalankan bisnis yang memproduksi olahan cokelat dan olahan daun kelor sejak tahun 2019. Bisnis yang dijalankannya ini bernama D’Hokiest.

Hingga kini dia masih terus berusaha meningkatkan kemampuannya untuk mengembangkan produk dan bisnis yang dihasilkannya.

Dalam sebuah kesempatan, Tien berpesan kepada KOMPAS.com yang ditujukan kepada masyarakat luas yang ingin membangun sebuah bisnis olahan hasil kebun.

“Yang pertama, pesan saya yaitu harus punya komitmen yang kuat jika sudah berniat untuk membuka sebuah usaha. Jangan berputus asa apabila ada masalah yang datang dan hadapi dengan penuh semangat,” tutur Tien beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cerita Alberthina Asal NTT Membangun Bisnis Cokelat DHokiest

Baginya, menjadi seorang pengusaha tidaklah mudah, maka dari itu kamu harus bisa berkomitmen dengan dirimu sendiri dan juga mewujudnyatakan komitmen tersebut dalam pembangunan bisnismu.

“Kita tidak boleh putus asa jika seandainya menghadapi suatu masalah, jangan pula karena adanya masalah kita menjadi hilang arah. Justru kita harus cari tahu, kenapa hal yang kita lakukan ini tidak berhasil dan kemudian mencari jalan keluarnya,” sambung Tien.

Hal lain yang menurut Tien juga harus diperhatikan oleh pemula bisnis, khususnya pengusaha kecil perempuan, cobalah untuk mengajak atau mengikutsertakan anggota keluarganya dalam bisnis yang kamu jalankan.

Tien memprihatinkan situasi para pengusaha kecil perempuan yang masih banyak mengurus perihal bisnisnya sendirian.

Baca juga: Cerita Irena Membangun Bisnis Minuman Cokelat, Berawal dari Niat Ubah Gaya Hidup

Dengan turut melibatkan anggota keluarga, urusan bisnis yang sesungguhnya terdiri dari banyak hal dan terlihat melelahkan, akan terasa ringan bila dikerjakan bersama.

“Kalau kita sendiri yang mengurus segala hal dari usaha kita, mulai dari membuat perencanaan, membeli bahan baku, memproduksi, mengemas, hingga melakukan pengiriman, itu semua sangat melelahkan dan ini akan membuat kita menjadi putus asa,” kata Tien.

Ditambah lagi, Tien juga mengakui jika dirinya pun merasa kesulitan untuk melakukan pemasaran secara digital dan ia juga memahami keadaan itu pada rekan pengusaha kecil wanita lainnya yang ada di lingkungan sekitarnya.

Sebab itulah ia menganjurkan pada pengusaha kecil wanita dimanapun berada untuk mengajak anggota keluarganya mengambil peran dalam membangun dan mengembangkan bisnis atau usaha yang dijalankan.

Baca juga: Kisah Sukses Irena, Bawa Minuman Cokelat asal Jawa Timur ke Amerika Serikat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com