Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sukses Reza Merintis Roti Ropi hingga Buka Outlet di Dubai dan UEA

Kompas.com - 15/10/2023, 16:19 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Roti, makanan yang terbuat dari terigu dan ragi ini merupakan makanan pokok kedua yang populer di Indonesia setelah nasi. Bahkan di negara Barat, mayoritas masyarakatnya mengonsumsi roti sebagai makanan pokok. 

Tak heran jika roti memiliki pangsa pasar yang luas dan diminati oleh semua usia, sehingga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Hal ini dibuktikan oleh Ahmad Reza, founder sekaligus Direktur Roti & Kopi (Ropi), meski awalnya ia menjalankan bisnis ini untuk memenuhi permintaan sang istri.

Baca juga: Kemenkop UKM Gelar Entrepreneur Hub Bali, Teten Masduki Dorong Universitas Cetak Wirausaha

“Saat nikah, istri minta dibuatkan toko roti karena memang dia suka makan dan suka membuat roti," kata Reza saat ditemui Kompas.com di acara Indonesia Licensing Expo (ILE) di JIExpo, Jum’at (13/10/2023).

Reza mengaku, dirinya sempat pesimis, karena hanya memiliki pengalaman kerja di media dan tak punya background bisnis kuliner.

"Posisi saya saat itu sebagai manajer iklan di salah satu media, bagaimana bisa buka toko roti seperti Holland Bakery?” ujarnya.

Tahun 2016, demi memenuhi permintaan sang istri, Reza mulai membangun usaha Roti & Kopi bermodalkan Rp 100 juta, untuk membuka satu outlet di daerah Bekasi. Kemudian di tahun 2019, ia mengundurkan diri dari pekerjaannya untuk fokus membangun usaha.

Baca juga: Kisah Aan Membangun Bisnis Threeyana Decoupage, Awalnya Iseng Unggah Status

Roti & Kopi (Roti Ropi) di Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jum'at (13/10/2023).KOMPAS.com/ Nur Wahyu Pratama Roti & Kopi (Roti Ropi) di Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jum'at (13/10/2023).

Punya Outlet di Dubai dan Uni Emirate Arab (UEA)

Setelah membuka satu outlet, Reza mulai bermimpi untuk mengembangkan Roti & Kopi. Ia ingin mereknya dikenal dan hadir di seluruh penjuru Indonesia.

Namun seiring waktu, ia menyadari bahwa roti bisa diterima di mana saja, bahkan di seluruh dunia.

Reza juga menyebut dirinya terinspirasi Papa Roti, salah satu merek roti dari Malaysia yang sudah memiliki 400 outlet di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat dan Kanada.

"Saya ubah mimpi saya, tidak hanya di seluruh penjuru Indonesia, tapi di seluruh dunia. Saya wujudkan dengan membuka outlet di Dubai, Uni Emirate Arab dan ke depan akan buka di beberapa negara teluk, seperti Qatar dan Kuwait," jelas pria berusia 35 tahun ini.

Baca juga: Cerita Siswa SMA IAS Al- Jannah Merintis Bisnis Batik Ramah Lingkungan Anagata

Meski telah membuka outlet di luar negeri, tak berarti Roti & Kopi bebas tanpa tantangan.

Reza mengungkap, Roti & Kopi memiliki target pasar menengah ke bawah. Pada target pasar seperti ini, biasanya lebih sensitif untuk masalah harga.

“Yang jadi tantangan, yaitu ketika harga tepung naik seperti saat konflik antara Rusia dan Ukraina. Terpaksa kita naikkan harga juga di toko kita,” keluhnya.

Promosi Unik

Biasanya, promosi dilakukan dengan memberikan informasi produk kepada calon konsumen. Tapi, Reza memiliki cara promosi berbeda dalam memasarkan produknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com