Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Sukses Mengubah Karung Beras Bekas ala Artisa, Founder Tiga Mata Sapi

Kompas.com - 14/12/2023, 12:30 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Siapa sangka, karung beras bekas yang biasanya tersimpan di gudang penyimpanan ternyata memiliki nilai jual yang tinggi jika dioah menjadi produk yang memiliki nilai tambah.

Hal ini tentunya menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi calon pengusaha yang ingin menjalankan suatu bisnis. Cukup bermodalkan keterampilan dan kreativitas untuk mengolahnya, karung beras siap disulap menjadi produk bernilai jual.

Kamu bisa mengolah karung bekas menjadi berbagai barang yang bermanfaat, seperti tas, sarung bantal, celemek, dan totebag.

Baca juga: 48 Pelaku UMKM Indonesia Ikuti Merdeka Export 2023 Melaka-Malaysia

Seperti yang dilakukan Artisa sejak tahun 2016 bersama ibunya membangun Tiga Mata Sapi. Ia memanfaatkan limbah karung beras sehingga memiliki nilai tambah.

“Saat ini memang sudah banyak bisnis yang fokus di daur ulang dan terkadang membuat kita minder untuk menjalankan bisnis daur ulang. Padahal,seharusnya ini bisa dijadikan motivasi dan semangat untuk terlibat di daur ulang. Karenanya, kita coba bikin sarung bantal dan apron buat masak dari karung beras,”

Hal itu disampaikan Artisa saat ditemui Kompas.com pada acara SEMASAQU di The Brickhall Fatmawati City Center, Jakarta Selatan pada Jum’at (8/12/2023).

Baca juga: Ketahui Peluang, Keuntungan, dan Tantangan Usaha Jamu Tradisional

Bagaimana tips Artisa dalam menjalankan usaha Tiga Mata Sapi? Untuk mengetahui tipsnya, simak 4 tips berikut ini.

1. Fokus Terhadap Lingkungan

Bisnis membuat produk dari limbah karung beras tidak hanya berbicara keuntungan, ada hal lain yang lebih menjadi fokus kamu dalam menjalankan usaha ini, yaitu keberlanjutan lingkungan dan bumi.

Artisa mengatakan, brand Tiga Mata Sapi yang dirintis oleh dirinya memang memiliki fokus terhadap lingkungan.

2. Masukkan Pesan Atau Cerita Di Setiap Produk

Sebagai upaya menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan keberlanjutan bumi, kamu harus memasukan pesan atau cerita dalam setiap produk yang kamu buat.

Baca juga: Bantu Buka Peluang Usaha untuk Masyarakat, Dreg’s Barbershop Buka Kursus Potong Rambut Gratis

“Saya membuat produk selalu memasukan pesan atau cerita, baik dalam bentuk gambar atau tulisan. Saya ingin pesannya tersampaikan, misalnya ada isu polusi, saya ingin mereka paham dan tercerahkan melalui gambar yang saya buat,” kata Artisa.

Produk Tiga Mata Sapi dari Karung BerasNur Wahyu Pratama Produk Tiga Mata Sapi dari Karung Beras

Oleh karena itu, bisnismu tidak hanya mendaur ulang limbah karung bekas menjadi barang yang bisa dijual, akan tetapi kamu harus bisa mengangkat isu-isu di dalamnya.

3. Tingkatkan Penjualan Online dan Ikuti Bazar

Tips yang ketiga yaitu, kamu harus manfaatkan semaksimal mungkin penjualan melalui online dan mengikuti bazar yang ada.

“Awalnya kita hanya word of mouth saja, tapi saat ini kita melalui online dan minta teman untuk membantu promosikan produk kita. Kalau ada bazar pasti penjualannya cepat dan meningkat, tapi kalau online tidak bisa ditebak penjualannya,” tutur Artisa.

Baca juga: Scale Up Bisnis, Networking Salah Satu Cara Tanpa Modal yang Bisa Dicoba

4. Libatkan Banyak Orang

Sebagai bentuk memperluas dampak terhadap bumi dan sosial, kamu harus mengulurkan tangan untuk melibatkan lebih banyak orang di dalam bisnismu.

“Saat ini banyak pihak yang terlibat dalam produksi kita, seperti teman saya yang di Yogyakarta untuk membantu kita untuk menjahit produk yang membutuhkan mesin jahit khusus. Oleh karena itu, semoga bisa memberikan dampak yang baik untuk bumi,” tutup Artisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com