Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Gen Z Buka Usaha Cutting Sticker, Enggak Perlu Modal Besar

Kompas.com - 05/03/2024, 17:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.comGen Z memiliki banyak peluang ide usaha yang menarik. Karena selain hidup di era digital yang serba mudah ini, Gen Z mampu mengikuti tren dengan cepat.

Salah satu tren yang berkembang di kalangan anak muda saat ini adalah cutting sticker. Sesuai dengan namanya, cutting sticker adalah stiker yang dipotong secara presisi sesuai dengan desain yang diinginkan.

Ide bisnis ini cocok dengan gaya Gen Z yang ingin berbisnis tanpa modal besar. Bahkan kreativitas para anak muda juga bisa tersalurkan dengan baik melalui bisnis ini.

Berikut adalah peluang bisnis cutting sticker seperti yang dilansir dari laysander.com

1. Target pasar yang luas

Stiker digunakan di segala sektor industri. Mulai dari bisnis makanan hingga otomotif menggunakan stiker untuk produk mereka.

Baca juga: Kunci Sukses Memulai Usaha untuk Gen Z, Salah Satunya Mau Terima Pendapat Orang Lain

Biasanya stiker digunakan untuk logo atau sebagai penanda. Itulah mengapa membuka bisnis cutting sticker memiliki target pasar yang luas dan peminatnya cukup tinggi.

Bahkan cutting sticker tidak hanya diproduksi dalam ukuran kecil saja, melainkan dalam ukuran besar seperti stiker dinding rumah.

Belakangan ini, Gen Z gemar menempelkan stiker di casing hp, buku catatan, bahkan untuk ditempelkan pada motor.

Desain custom yang beragam membuat bisnis ini terus beragam mengikuti permintaan pasar.

2. Memanfaatkan kemajuan teknologi

Menjalani bisnis cutting sticker semakin mudah karena transformasi teknologi. Saat ini sudah banyak alat yang meringankan produksi cutting sticker.

Selain membuat kerjalebih efisien, kemajuan teknologi membuat industri ini mampu menjangkau target produksi lebih banyak. Diantaranya yaitu, mesin cutting laser dan editing software.

Mesin cutting laser mampu memtong stiker dengan akurat berbasis laser. Dengan begitu stiker akan terpotong dengan pola yang sesuai dengan garis tepi yang sama tebal. Gen Z yang membuka bisnis ini tidak perlu repot memotong stiker secara manual.

Baca juga: 4 Tips Penting buat Gen Z yang Mau Jadi Wirausaha Muda

Beberapa aplikasi software dapat mempermudah Gen Z dalam berkreasi desain. Melalui editing software, gambar dan ukuran stiker dapat disesuaikan dengan keinginan. Contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Adobe Illustrator dan CorelDraw.

3. Modal yang kecil

Bisnis cutting sticker tidak membutuhkan modal yang besar. Khususnya Gen Z yang ingin memulai bisnis dengan alat yang seadanya.

Pada dasarnya modal utama untukbisnis ini adalah mesin cutting sticker, kertas bahan vinyl, software editing dan kreativitas.

Meskipun tidak memakan modalyang besar, tetapi jika ingin meraup keuntungan tetap dibutuhkan strategi promosi yang tepat agar mampu bersaing di industri ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com