Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ide Bisnis dari Rumah yang Bisa Menghasilkan Cuan

Kompas.com - 06/03/2024, 09:05 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di tengah perkembangan teknologi dan tren gaya hidup yang semakin mengarah pada fleksibilitas, semakin banyak pula orang yang mencari cara untuk memulai bisnis dari rumah.

Selain tak membutuhkan modal besar, membangun bisnis dari rumah juga menghemat waktu Anda, karena tak perlu menghadapi kemacetan lalu lintas.

Baca juga: Ingin Buka Usaha dari Rumah? Simak Untung Ruginya Lebih Dulu

Namun demikian, layaknya bisnis pada umumnya, dibutuhkan perencanaan dan konsistensi untuk menjalankan bisnis dari rumah.

Nah, jika Anda berminat memulai bisnis dari rumah, berikut beberapa rekomendasi bisnis dari rumah yang bisa jadi pilihan.

1. Bisnis berkebun

Suka tinggal di rumah dan merawat kebun? Maka Anda dapat mengubahnya menjadi bisnis yang menguntungkan.

Hasil dari Anda berkebun, seperti sayuran atau buah-buahan adalah hal yang dapat menghasilkan keuntungan. Anda dapat menjualnya ke pasar dan produsen dapat membelinya dengan harga yang baik.

Namun, untuk menjaga kualitas tanaman, Anda perlu memiliki pengetahuan tentang tanaman, termasuk bagaimana kondisi tanah yang baik.

Untuk menambah ilmu, Anda dapat mengikuti kelas pertanian tentang pupuk, pestisida, dan proporsi campuran yang akan membantu Anda menumbuhkan tanaman Anda lebih cepat dan lebih sehat.

Selain sayuran dan buah-buahan, Anda juga bisa membuka bisnis tanaman hias atau berbagai jenis bunga. Selain bisa dibuat untuk buket, bunga juga bisa digunakan untuk sabun, lilin, dan wewangian loh.

2. Penulis lepas

Bagi orang-orang yang suka membaca dan menulis, serta memiliki beberapa ide yang tak biasa, menjadi penulis lepas bisa dijadikan bisnis berbasis rumah, yang berpotensi menghasilkan cuan.

Anda hanya perlu mencari lowongan pekerjaan penulis lepas online dan mengirimkan resume, serta portofolio Anda.

Cara terbaik untuk memulai bisnis ini adalah dengan menulis tentang subjek yang Anda minati dan mempelajari gaya penulisan yang tepat.

Anda juga bisa mengunggahnya di akun media sosial, sehingga 'pengikut' Anda bisa membacanya. Ini akan membantu memasarkan keahlian yang Anda miliki sebagai penulis lepas.

Baca juga: Ingin Buka Usaha dari Rumah? Simak Untung Ruginya Lebih Dulu

3. Kursus Online

Anda seorang mahasiswa atau orang yang suka mengajar? Anda dapat mencoba membuka kursus atau les secara daring, sebagai bisnis rumahan Anda.

Apalagi, saat ini banyak platform meeting gratis yang bisa dimanfaatkan, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com