Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terinspirasi Dari Thailand, Rania Jalankan Bisnis "Flower Car" di Bogor

Kompas.com - 21/03/2024, 11:18 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang pebisnis harus mengetahui tren terbaru agar bisnis selalu update. Banyak inovasi unik yang dapat menjadi inspirasi kamu dalam berbisnis.

Seperti owner Crana Florist, Rania Cantika (24) yang mendapat inspirasi teknik Flower Car saat sedang berlibur ke Thailand. Menurut Rania ide Flower Car ini sangat menarik dan belum pernah ada di Bogor.

“Sebenarnya aku terinspirasi dari Thailand. Aku sering dan suka banget ke Bangkok. Di sana banyak yang unik dan gemes banget, salah satunya Flower Car ini,” ungkap Rania saat diwawancara oleh Kompas.com pada Sabtu (16/03/2024).

Flower Car adalah teknik berjualan bunga menggunakan mobil. Biasanya bagasi mobil akan digunakan untuk display bunga. Kendaraa akan diparkir di satu tempat untuk berjualan bunga.

Baca juga: Buka Bisnis Buket? Simak Tips Ini agar Bunga Tetap Segar

Menurut Rania, Flower Car ini salah satu inovasi baru di Kota Bogor, sehingga bisa menjadi poin plus untuk Crana Florist.

Flower Car ini salah satu keunikan Crana Florist. Karena setahuku di Bogor itu belum ada yang seperti ini,” kata Rania.

Bahkan, menurut Rania Flower Car ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran. Karena bisa memanfaatkan kendaraan tanpa harus menyewa toko untuk berjualan.

“Terus aku juga mikir gimana caranya biar kita nggak ngeluarin cost banyak. Berhubung aku punya kendaraan, jadi aku mau mobil ini bisa menghasilkan juga daripada diam saja di rumah,” jelas Rania.

Saat berjualan Flower Car, Rania menata bunga di bagasi mobil dengan rapi. Dia juga akan menyiapkan standing mirror yang cantik untuk menarik pembeli. Nantinya mereka dapat berfoto di kaca dengan bunga yang cantik.

Pasalnya, Flower Car ini cukup menarik antusias masyarakat. Banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk mampir. Terlebih lagi Gen Z yang suka mem-posting instagram story dengan hal-hal unik dan aesthetic. Mereka tidak perlu membeli bucket bunga yang besar karena bisa membeli setangkai bunga saja dan di wrapping dengan menarik.

Baca juga: Tertarik Jadi Florist dan Berbisnis Toko Bunga? Simak Tips Berikut

“Aku senang banget, ternyata Flower Car ini banyak sekali peminatnya. Jadi ini berpeluang banget,” ucap Rania.

Biasanya Flower Car Crana Florist akan memilih lokasi di taman sekitar Kota Bogor. Misalnya Taman Sempur atau Taman Kencana. Menurut Rania, di taman lebih banyak pasangan romantis yang tertarik untuk membeli bunga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com