Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Keuntungan Memakai Sistem Pre-order untuk Usaha Bakery

Kompas.com - 22/03/2024, 09:47 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal membangun usaha bakery mungkin terdapat kekhawatiran atau ketakutan akan kerugian. Sebagai seorang wirausaha yang baik, pasti Anda memikirkan berbagai cara untuk meminimalisir kerugian itu terjadi.

Usaha bakery memang salah satu bisnis yang menjanjikan dengan pangsa pasar yang luas. Bagi para pemilik usaha bakery, mengelola pesanan dengan efisien merupakan kunci untuk meningkatkan pendapatan dan kepuasan dari pelanggan.

Baca juga: 6 Tips Merintis Bisnis Cake & Bakery, Pemula Wajib Tahu

Tyara Aulia Anjani merupakan seorang owner bisnis bakery bernama Pawoonku. Ia telah menjalankan bisnisnya itu dari tahun 2020. 

Salah satu strategi yang ia terapkan untuk mengoptimalkan proses pemesanan adalah dengan menggunakan sistem pre-order. Sistem pre-order adalah sistem pembelian yang dilakukan penjual sebelum barang benar-benar tersedia.

Jadi para penjual menerima pesanan dulu, lalu pesanan masuk, dan produksi sesuai pesanan tersebut. Sistem ini sangat memberikan keuntungan bagi pemilik usaha.

Ini beberapa alasan mengapa memberlakukan sistem PO akan menguntungkan Anda:

1. Resiko Lebih Kecil

Sama seperti ketakutan banyak wirausaha di luar sana, Tyara juga memiliki ketakutan akan resiko kerugian. Maka dari itu, menurutnya PO akan mengecilkan resiko tersebut.

Memberlakukan sistem PO berarti Anda sudah tahu kepada siapa produk Anda terjual. Jika tidak, Anda harus menunggu pembeli membeli datang kepada Anda.

2. Makanan Bisa Expired

Produk-produk usaha bakery adalah makanan. Makanan mempunyai daya tahan yang terbatas. 

Paling lama produk Pawoonku bertahan pun hanya sekitar seminggu. Maka sistem PO adalah sistem yang paling cocok menurut Tyara.

3. Produksi Sesuai Permintaan saja

Keuntungan lain sistem PO adalah Anda dapat memproduksi sesuai permintaan customer saja. Selain sudah jelas, Anda tidak perlu membuang tenaga lebih untuk produksi kepada pembeli yang tidak pasti.

Anda dapat menutup PO jika pembelian sudah mencapai target, namun jika belum Anda masih dapat terus membukanya. Ini merupakan keuntungan, karena Anda sudah lebih dahulu mendapatkan biaya untuk produksi.

Baca juga: 5 Kiat Sukses Berbisnis Kue ala Ratri Wulan, Pemilik Yummie Cakery

4. Menghindari Food Waste

Salah satu alasan Tyara memakai sistem PO juga untuk tidak membuang-buang makanan yang tidak terjual. Banyaknya bisnis bakery di luar sana yang membuang produk yang tidak habis setiap harinya.

Tyara tidak menginginkan itu. Maka untuk menghindari food wastes, sistem PO adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com