Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meat Night Club Branding di Instagram, Hingga Diundang "Public Figure"

Kompas.com - 04/04/2024, 18:46 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Di era digital seperti saat ini, media sosial memegang peranan penting untuk mempromosikan bisnis. Branding dan ciri khas yang unik tetap harus diperhatikan dalam mengelola media sosial.

Mungkin saja customer menjadi tergerak untuk membeli atau mengunjungi usaha kamu karena tertarik dengan branding yang kamu bangun di media sosial.

Seperti Meat Night Club, steak tenda pertama di Bogor sejak tahun 2022 yang terletak di Jalan Bangbarung Kota Bogor, pemilik usaha ini memiliki branding yang khas.

Meat Night Club menggunakan dominasi cat hitam dan dilengkapi dengan tempelan poster berwarna-warni di beberapa sudut, sangat masuk dengan gaya anak muda.

Baca juga: Dari Hotel Bintang Lima, 3 Sekawan Ini Beralih Buka Steak Tenda Pertama di Bogor

Selain tempat yang dibuat asik, Meat Night Club juga memperhatikan branding mereka di Instagram agar masuk dengan konsep dari Meat Night Club itu sendiri.

Salah satu owner Meat Night Club, Antonius Jordivian Wicaksono (29) bertanggung jawab dalam marketing dan memegang sosial media. Jordi mengungkapkan bahwa saat ini sosial media sangat penting untuk branding bisnis.

Meat Night ClubKompas.com - Anagatha Kilan Sashikirana Meat Night Club

Branding Meat Night Club

"Menurutku kalau sekarang media sosial itu penting banget, untuk memperkenalkan produk kita dan menarik konsumen. Pastinya dengan konten-konten yang menarik juga," kata Jordi saat diwawancara oleh Kompas.com pada Jumat (29/03/2024).

Instagram Meat Night Club memiliki ciri khas color palete yang gelap, kebanyakan di filter dengan senada yaitu nuansa hitam. Sehingga steak dan menu yang mereka sajikan terlihat lebih menggiurkan karena terlihat mencolok dengan background gelap.

Namun, untuk tulisan biasanya menggunakan warna putih atau kuning untuk terlihat kontras dengan color palete yang sudah gelap.

Uniknya, Jordi mengaku bahwa dia sengaja membuat branding yang bermode gelap seperti ini karena jam operasional Meat Night Club mulai dari sore hingga malam hari.

Jordi berpikir bahwa dokumentasi Meat Night Club tentunya kebanyakan gelap karena malam hari. Oleh karena itu Jordi membuat branding Instagram dengan color palete yang gelap.

Instagram Meat Night ClubDok. Meat Night Club Instagram Meat Night Club

"Iya, untuk Instagram baik itu feeds, reels, story, hingga highlights sengaja kami konsepkan gelap. Lebih banyak bermain di warna hitam. Karena aku mikirnya, Meat Night Club ini bukanya malam. Mau foto juga enggak bisa terang karena sudah hilang mataharinya. Jadi yasudah sekalian saja di branding seperti ini, kebetulan cocok dengan Meat Night Club itu sendiri," ungkap Jordi.

Memanfaatkan momen saat diundang acara TV

Pada bulan Ramadan tahun 2023 lalu, Meat Night Club pernah diundang oleh salah satu acara TV. Meat Night Club menerima DM Instagram untuk tawaran tersebut. Menurut Jordi, mungkin saja pihak acara TV mengetahui Meat Night Club karena tertarik setelah melihat media sosial mereka.

"Itu seru banget, sih. Kebetulan waktu itu mungkin karena mereka lihat dari media sosial juga, tiba-tiba kami dapat DM untuk berkesempatan masak langsung di rumahnya Raffi Ahmad di Andara untuk acara TV. Kami kaget banget karena lumayan mepet persiapannya, tapi untungnya semua bisa ditangani dengan baik," ujar Jordi.

Jordi juga memaparkan bahwa meskipun mereka sudah mendapat exposure dari kesempatan ini, tetapi Meat Night Club juga tetap membuat konten Instagram. Jadi walaupun sudah diliput dan ditayangkan di TV, Meat Night Club juga inisiatif untuk menaikkan branding dengan platform media sosialnya sendiri.

Konten instagram meat night clubDok. Meat Night Club Konten instagram meat night club

Baca juga: Owner Steak Tenda Meat Night Club Terapkan Standar Pelayanan Hotel Bintang 5

"Setelah diliput di acara tersebut, sudah pasti mengalami kenaikan penjualan. Cuma kami enggak pasrah dan cepat puas karena sudah di tayangkan di TV. Jadi kami juga tetap ngonten dengan kamera sendiri. Karena mendapat kesempatan seperti ini, kami manfaatkan untuk perluas lagi branding di sosial media," papar Jordi.

Menurut Jordi saat mendapat kesempatan hingga melibatkan public figure di dalamnya, dia juga tetap menggerakkan marketing dengan konten sendiri di lokasi. Menurutnya dengan begitu informasi bisa diperluas lagi, jadi tidak hanya mengandalkan tayangan di TV.

Terlebih lagi, jika Meat Night Club membuat konten sendiri maka cuplikan tayangan bisa lebih terfokus untuk mereka dan bisa disesuaikan dengan branding yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com