Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Kue dan Harganya

Kompas.com - 12/04/2024, 13:25 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber Tokopedia

KOMPAS.com - Bisnis kue adalah salah satu usaha yang menjanjikan dengan pasar yang terus berkembang. Namun, untuk memulai bisnis ini, Anda perlu mempersiapkan berbagai alat dan perlengkapan yang diperlukan.

Nurhayati, Owner Cahaya Cookies, menjelaskan bahwa untuk membuka bisnis kue, setidaknya Anda harus mempunyai peralatan di bawah ini. Peralatan-peralatan itu juga yang digunakan oleh Nurhayati selama memproduksi kue.

Baca juga: 5 Tips Sukses Jadi Agen Telur dengan Modal Rp 500.000

Dengan mengeluarkan budget untuk membeli peralatan dan beberapa perlengkapan sebelum memulai bisnis kuenya, Nurhayati mengaku ia hanya mengeluarkan modal sekitar Rp 5 juta saja.

Berikut alat yang esensial untuk membangun bisnis kue, beserta perkiraan harga-nya;

1. Mixer

Nurhayati mengaku ia memakai dua jenis mixer, yaitu hand mixer dan stand mixer. Namun, jika bisnis kue Anda merupakan bisnis rumahan, Anda tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan hand mixer saja.

Berdasarkan harga yang muncul di e-commerce (Tokopedia), harga hand mixer cukup terjangkau yaitu Rp 50 ribu di yang paling murah dan Rp 10 juta-an untuk merek yang terkenal. Sedangkan stand mixer dijual dengan kisaran harga Rp 150-an dan yang termahal Rp 40 juta-an.

Namun, saat ini sudah banyak merek yang menyediakan mixer yang multifungsi, yaitu hand mixer sekaligus stand mixer. Jadi Anda tidak perlu membeli satu-satu.

2. Oven

Bisnis kue tentu perlu menggunakan oven untuk memanggang kue-nya. Nurhayati sendiri menggunakan 2 jenis oven yaitu oven tangkring dan oven gas combi.

Nurhayati mengaku oven tangkring saja sudah bisa, jadi tidak perlu menggunakan 2 oven sekaligus. Nurhayati juga mengatakan bahwa banyak orang salah anggapan, oven tangkring merupakan oven yang paling baik untuk kue, terutama kue kering.

Rata-rata harga oven combi menurut Tokopedia adalah Rp 400 ribu-an. Sedangkan untuk oven tangkring Rp 250 ribu-an.

Baca juga: Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Minim Mulai Dari Rp25.000

3. Loyang

Selain oven, Anda juga perlu menggunakan loyang kue untuk memanggang. Loyang terdiri dari berbagai jenis ukuran dan menfaatnya pun berbeda-beda.

Anda bisa membeli beberapa saja yang paling Anda butuhkan. Loyang-loyang itu dijual juga berdasarkan ukuran dan kebutuhannya. Loyang-loyang itu terdiri dari baking dish, roll pan, cake pan, muffin dan pie pan, serta masih banyak lagi.

4. Timbangan

Untuk membuat kue, Anda perlu menimbang bahan-bahannya. Timbangan adalah alat yang akurat untuk mengukur bahan-bahan kue dengan presisi yang dibutuhkan.

Timbangan digital adalah pilihan yang baik untuk bisnis kue, karena mereka memberikan pengukuran yang akurat dan mudah dibaca. Harga timbangan digital bervariasi tergantung pada kapasitas dan mereknya, dengan harga mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 900.000 dengan merek yang ternama.

Anda tak perlu membeli timbangan yang mahal, karena fungsinya akan tetap sama dan bisa digunakan.

5. Perintilan Kecil Lain

Perintilan kecil lain yang dimaksud adalah seperti bowl (mangkuk), spatula, kuas, sendok, parutan, dan lain-lain. Mungkin beberapa ada yang Anda tidak perlu beli lagi, karena Anda telah mempunyainya di dapur Anda, seperti sendok, pisau, dan lain-lain.

Baca juga: Tips Membuka Usaha Kue Rumahan dengan Modal Rp1 Juta

Usahakan untuk memakai peralatan yang telah ada agar tak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk peralatan kecil ini.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com