Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Jembreng Abaseh Perkenalkan Budaya ke Anak Muda Lewat Masakan

Kompas.com - 29/04/2024, 20:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Di tengah gempuran ayam goreng fast food yang disukai banyak orang, khususnya anak muda, hadir ayam presto dengan sambal yang bermacam-macam. 

Pemilik bisnis ini adalah Abas (50), seorang laki-laki yang dulu bekerja di perusahaan bank lalu beralih usaha Ayam Jembreng Abaseh. Dalam menjalankan bisnis, ia dibantu oleh istrinya untuk melayani pesanan-pesanan dari pembeli. 

Saat berbincang bersama Kompas.com pada Minggu (28/4/2024), Abas menyebut bahwa Ayam Jembreng Abaseh bertujuan untuk mengenalkan budaya Jawa pada anak muda agar anak muda tidak hanya familiar dengan ayam cepat saji. 

Baca juga: Tips Menjaga Loyalitas Konsumen ala Pemilik Bisnis Kuliner Ayam Hijrah

Penyajian Menu yang Cepat dan Tetap Empuk

Supaya Ayam Jembreng Abaseh dapat dirasakan oleh anak muda, Abas mengatakan, mereka juga memiliki sistem penyajian yang cepat dan tak kalah dengan ayam cepat saji. 

"Kalau ngomongin soal instan, kami juga instan. Proses penyajiannya cepat, tetapi hasilnya tetap empuk, gurih, dan renyah," ucap Abas. 

Karena bisnis Ayam Jembreng Abaseh adalah ayam presto, ayam dimasak sampai tulang-tulangnya habis. Bahkan tidak bersisa. 

Baca juga: Kisah Owner Ayam Hijrah, dari Pekerja Kantoran Hijrah Menjadi Pebisnis Kuliner Sukses

Mengikuti Perkembangan Zaman

Abas juga mengatakan bahwa mereka berusaha untuk mengikuti cara pasar menggaet atensi anak muda. Caranya yaitu dengan memanfaatkan platform online. Termasuk dari promosi dan pengiriman pesanan. 

"Saya juga menggunakan digital marketing, lalu menggunakan media sosial seperti Instagram. Kami juga sudah tersedia dalam Shopeefood, Grabfood, dan Gofood," lanjutnya. 

Mengenalkan Citra Otentik dari Menu Masakan

Abas sebagai pemilik usaha Ayam Jembreng Abaseh berupaya untuk mengenalkan citra otentik masakan mereka pada anak-anak muda. Apalagi dengan varian sambal yang bermacam-macam. 

Baca juga: Rahasia Sukses Ali Nur Zaman Jalankan Bisnis Ayam Guling dan Bimbel

"Jadi, adanya bisnis ini supaya mereka (anak muda) ini tahu, 'oh, ada loh makanan tradisional yang autentik'. Saya bisa bilang ada budaya Jawa dalam masakan kami, karena cita rasanya manis," tutur mantan pekerja bank tersebut. 

Selain itu, sambal yang disajikan terdiri dari berbagai varian. Mulai dari sambal cumi, sambal paru, sambal cakalang, dan sambal udang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com