Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips dan Trik Menggunakan Instagram untuk Bisnis

Kompas.com - 10/05/2024, 13:47 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram merupakan platform media sosial yang paling digandrungi saat ini, termasuk para pelaku bisnis. Semua bisnis berskala kecil maupun besar kini menggunakan Instagram sebagai alat untuk terhubung dengan audiens, meningkatkan interaksi, dan meningkatkan penjualan.

Instagram bisa digunakan untuk berbagi foto dan video untuk kebutuhan bisnis. Dengan lebih dari satu miliar pengguna Instagram yang aktif setiap bulan, platform ini menawarkan potensi besar bagi bisnis untuk bertumbuh dan sukses.

Baca juga: 6 Cara Memaksimalkan Instagram Story sebagai Pelaku UMKM

Dilansir dari Business News Daily, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda memanfaatkan Instagram sebaik mungkin untuk kebutuhan bisnismu:

1. Jangan Menaruh Link pada Caption

Jika menaruh tautan pada caption, siapapun tidak akan bisa memencetnya termasuk dirimu. Mereka akan malas untuk menyalin link lalu kemudian harus menempelnya pada laman mesin pencari masing-masing. Jadi keinginan mereka membuka tautan itu akan hilang begitu saja.

Taruhlah tautan pada cerita, bio Instagram, atau di postingan langsung. Mereka bisa langsung menyeretnya ke atas ataupun tinggal meng-klik saja. Saat ini Instagram sudah menyediakan tautan yang bisa langsung ditempelkan atau ditaruh pada postingan, kamu bisa juga memanfaatkannya.

2. Pastikan Semua Postingan Berhubungan dengan Bisnis 

Jika bisnismu adalah sebuah bisnis makanan, tetapi selalu memposting terkait politik, apakah mereka akan nafsu atau tertarik dengan makananmu?

Jawabannya sudah pasti tidak. Pastikan postingan masih sesuai dengan bisnis. Sejauh-jauhnya jika tidak tentang bisnis, hanya sebatas perayaan hari-hari besar, misal seperti Hari Raya Nyepi, Natal, Imlek, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mengunggah hal lucu atau isu-isu terkini, tetapi pastikan hanya 1-2 kali saja setiap minggunya. Terlalu keseringan memposting hal yang keluar dari bisnis, akan membuat audiens yang melihat merasa muak dan akhirnya memutuskan untuk berhenti mengikuti Anda.

Baca juga: 8 Tips Penting Manfaatkan Instagram untuk Promosi Usaha Kuliner

Banyaknya postingan terkait bisnismu akan membuat postingan Instagrammu muncul di explore atau reels banyak orang.

3. Jalankan Giveaway Sesekali

Platform media sosial seperti Instagram merupakan ajang giveaway bagi bisnis. Kamu bisa membuat giveaway sekali sebulan atau dua minggu sekali.

Dengan syarat mereka yang mengikuti giveaway harus mengikuti akunmu, membagikannya kepada teman, serta berkomentar dan menyukai postingan Anda. Dengan begitu, akan menaikkan engagement akun Instagrammu dan memberikan promosi yang gratis

4. Merespon Komentar

Saat orang mengomentari fotomu, pastikan untuk membalasnya. Berinteraksi dengan pelanggan dan pengikut menunjukkan bahwa kamu memperhatikan dan peduli terhadap pendapat mereka.

Akun Instagram bisnis yang aktif berinteraksi cenderung lebih disukai oleh audiens, sehingga mereka memutuskan untuk terus mengikuti.

5. Bagikan Postingan Baru ke Cerita

Tips ini juga dapat dicoba saat kamu mengunggah sesuatu yang baru entah itu video, foto, ataupun reels, kamu bisa membagikannya juga ke cerita.

Banyak pengguna Instagram yang suka melihat cerita-cerita akun Instagram. Maka akan memperbesar kemungkinan unggahanmu dilihat oleh mereka.

6. Manfaatkan Semua Fitur

Instagram selalu berkembang. Mereka memiliki banyak fitur-fitur yang sangat canggih dan praktis. Fitur itu akan membantumu mempromosikan bisnis.

Baca juga: Cara Menarik Perhatian Banyak Pelanggan Lewat Instagram, Jangan Salah!

Pada laman cerita saja, sangat berlimpah fitur yang bisa dimanfaatkan seperti, GIF, tautan link, layout, musik, boomerang, sorotan, dan masih banyak lagi. Pastikan kamu memanfaatkan semua itu untuk menambahkan kesan kreatif bagi akun Instagram bisnis.

Jangan lupa untuk memanfatakan fitur reels, karena saat ini orang-orang hanya menyukai konten video pendek yang tidak lebih dari dua menit. Reels juga akan memudahkan konten Instagrammu keluar di explore semua orang.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com