Bingung Memulai Usaha? Dua Bisnis Ini Bisa Dicoba dan Menjanjikan

Kompas.com - 04/02/2022, 11:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memulai bisnis memang gampang-gampang susah. Tidak sedikit calon pebisnis yang masih menghadapi kesulitan dalam menentukan bisnis apa yang cocok sebagai upaya meraup pundi-pundi keuntungan. Nah

Namun mengutip Smesco, Jumat (4/2/2022), ada beberapa bisnis yang masih tetap menjadi trend pada 2022 ini. Apa saja itu?

Bisnis Kuliner

Menjalankan bisnis kuliner bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena bisnis ini menyentuh hajat hidup paling dasar. Namun susahnya, jika tak mengetahui trend, bisa-bisa usaha yang dijalankan tak diminati konsumen.

Baca juga: 80 Produk UMKM Jakarta Selatan Bersaing Masuk Indomaret

Untuk itu, mumpung masih awal tahun, tidak ada salahnya mencoba-coba bisnis yang kemungkinan akan menjadi trend pada tahun ini. Caranya, bisa mempelajari bisnis kuliner yang pernah ngetrend pada tahun 2021.

Di tahun 2021, bisnis kuliner yang sempat ngehits di antaranya dimsum, toast and sandwich, soft cookies, cilok pedas, donat crispy, tahu crispy, sei sapi, disert box, roti kukus, tahu walik, pisang goreng madu, nasi kulit, croffle, dan minuman boba.

Tahun ini, kamu bisa mencoba varian lain dari kuliner-kuliner yang pernah ngehits itu. Jangan ragu untuk melakukan eksplorasi berbagai makanan yang potensial bisa mengundang banyak konsumen.

Untuk itu, kamu juga dituntut untuk selalu rajin berpromosi dan memanfaatkan platform online agar jangkauan produkmu semakin luas.

Dan jangan lupa pula untuk memberikan diskon yang menarik bagi pembeli selagi bisnismu masih dalam masa promosi.

Bisnis Produk Kecantikan

Memulai bisnis dengan menjual produk-produk kecantikan bisa menjadi ladang pendapatan yang lumayan menjanjikan. Namun untuk terjun dalam bisnis produk kecantikan tidaklah mudah. Harus melewati berbagai uji untuk menghasilkan produk yang baik dan diterima oleh masyarakat.

Baca juga: UMKM akan Dimudahkan Peroleh Sertifikasi Halal lewat LPH Swasta

Akan tetapi, jika tidak menjadi produsen, kamu bisa masuk dalam bisnis produk kecantikan sebagai reseller atau dropshipper.

Untuk menjadi reseller atau dropshipper, hal pertama yang harus dilakukan adalah riset untuk mencari pemasok produk kecantikan yang terpercaya. Selain itu, harus dipastikan bahwa produk kosmetik, perawatan kulit, dan produk kecantikan lainnya sudah memiliki kualitas yang baik dan memiliki izin dari BPOM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.