Pernah Jadi Kurir, Hadi Sukses jadi Bos Batik Beromzet Rp 50 Juta Per Bulan

Kompas.com - 30/05/2022, 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Batik telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari fesyen keseharian masyarakat Indonesia. Hal ini pula yang membuka peluang bagi para mereka yang punya passion di bidang perbatikan, bisa meraih kesuksesan.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Hadi Kurniadi (30) asal Banyuwangi Jawa Timur. Mengutip Kompas.com, Hadi bukanlah orang berasal dari lingkungan atau keluarga pembatik. Ia juga tak punya keahlian membatik.

Namun, berkat kemauan dan kerja kerasnya, ia kini menjadi salah satu produsen batik di Banyuwangi yang dibilang sukses. Hadi kini memiliki rumah produksi dan galeri batik buatannya di desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur.

Omzet jualannya mencapai Rp 30 juta hingga Rp 50 juta dalam sebulan.

Baca juga: Ini Rahasia Sukses Membangun Bisnis

Hadi bercerita sekitar tahun 2016, ia masih bekerja sebagai kurir di perusahaan ekspedisi. Kerjaan itu membuatnya sering bertemu para pengusaha yang memanfaatkan jasa kurir.

Selain kurir, Hadi juga sempat berjualan mainan anak-anak. Namun usaha tersebut tidak disertai jaringan pemasaran dan modal yang minim. Akibatnya, usahanya tak bertahan lama.

Bertemu Pemilik Galeri Batik

Hingga akhirnya ia bertemu dengan salah satu pemilik galeri batik terkenal di Banyuwangi yakni SisikMelik.

"Waktu itu ada paketan di salah satu galeri batik. Saya kirim ke sana dan tertarik untuk bagaimana membuat batik," kata Hadi, saat ditemui di rumahnya, Selasa (12/10/2021).

Meski belum pernah membuat batik, Hadi menyampaikan keinginannya untuk menjual batik ke SisikMelik.

Pemilik galeri menyambut tawaran Hadi dan berjanji akan membeli batik buatannya. "Waktu itu belum bisa buat batik, tapi saya ngomong saja dulu biar tak kesulitan masalah penjualan. Bagi saya usaha apa pun kalau pemasaran enggak ada pasti kolaps," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.