Telkom dan BepahKupi Berkolaborasi untuk Telusuri Produk Kopi lewat Metaverse

Kompas.com - 24/11/2022, 10:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Bepah Karya Indonesia (BepahKupi) menghadirkan teknologi yang memungkinkan konsumen melakukan penelusuran kopi dari proses produksi sampai siap dikonsumsi melalui teknologi blockchain di metaverse.

Dalam kerja sama ini, konsumen BepahKupi kini dapat melakukan penelusuran mulai dari benih kopi, waktu panen, pendistribusian produk, hingga membeli produk kopi dalam bentuk NFT yang dapat di-redeem menjadi kopi fisik di metaverse besutan Telkom, metaNesia.

Kerja sama antara Telkom dan BepahKupi ini tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Deputy EVP Digital Technology & Platform Business Telkom Ery Punta Hendraswara, dan CEO BepahKupi Maulana Wiga, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Kisah Erna Susilowati, Berawal dari Hutang, Kini Beromzet Lebih dari Rp100 Juta dari Bisnis Roti

 

“Setelah penandatanganan MoU ini, Telkom dan BepahKupi akan langsung melakukan step proof of concept penggunaan teknologi blockchain, pada implementasi traceability kopi dari BepahKupi,” kata Ery, dalam keterangan resminya, Kamis.

Kolaborasi antara Telkom dan BepahKupi merupakan awal mula kerja sama yang dilaksanakan oleh kedua belah pihak, dengan ruang lingkup dan tugas yang telah disepakati oleh masing-masing pihak.

Wiga mengatakan, tujuan kerja sama ini untuk memudahkan konsumen BepahKupi melacak kopi yang dikonsumsi, serta memudahkan pengembangan layanan atau produk NFT Kupin dan traceability kopi berbasis blockchain di metaNesia.

“BepahKupi juga menjadi use case untuk produk kopi pada penggunaan teknologi blockchain yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia,” ujar Wiga.

Saat ini, lanjut Ery, Telkom sebagai BUMN yang telah bertransformasi sebagai perusahaan digital telekomunikasi sedang mengembangkan solusi berbasis teknologi blockchain, antara lain marketplace NFT di metaNesia, private blockchain, serta implementasi use case pada public blockchain.

Baca juga: Gabung Kemitraan dengan Austindo, Petani Ini Bisa Raup Rp 200 Juta Per Tahun

Melalui kerja sama dengan BepahKupi, Telkom berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

“Karena sejalan dengan misi Telkom untuk mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa, dan juga mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan,” tambah Ery.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.