Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku UMKM! Simak 5 Keuntungan dari Bangun Networing yang Luas

Kompas.com - 20/04/2023, 07:00 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam dunia bisnis, baik bagi pemula ataupun yang sudah berpengalaman, menjalin hubungan dan jaringan komunikasi atau networking merupakan salah satu aspek penting yang harus dilakukan.

Networking dapat membantu kamu dalam menjalankan bisnis, baik itu untuk belajar sesuatu yang baru atau bahkan mendapatkan pengalaman baru dari cerita orang lain.

Ketika Kamu membangun networking yang lebih luas lagi, tentu keuntungan yang didapatkan dapat lebih beragam dan berkualitas. Berikut ini 5 keuntungan dalam networking secara profesional seperti dilansir dari entrepreneur.com.

1. Akses mendapat peluang baru

Dengan menjalin hubungan dengan orang baru dapat menjadi kesempatan Kamu untuk mendapatkan sebuah peluang baru juga, terutama mungkin yang berada di luar jangkauan atau lingkup bisnis milikmu.

Baca juga: 3 Kunci Sukses Membangun Bisnis dari Peserta IFEX 2023 yang Bisa Ditiru

Mungkin saja Kamu akan berpeluang mendapatkan investor baru atau klien baru dari negara yang berbeda. Ini dapat menjadi peluang Kamu untuk mengembangkan bisnis lebih jauh lagi.

2. Sarana belajar dan berkembang

Tak hanya melulu soal membangun koneksi, Kamu juga berkesempatan untuk belajar melalui pengalaman orang lain melalui networking. Kemudian, Kamu juga dapat berdiskusi dengan tujuan mengembangkan bisnis.

Bukan tidak mungkin Kamu akan mendapatkan pengetahuan baru bahkan seorang yang lebih berpengalaman sehingga dapat dijadikan mentor dalam berbisnis.

3. Membangun reputasi dan merek lebih baik

Baik melalui acara offline ataupun online, Kamu dapat turut membangun reputasi dan merek bisnis dengan keikutsertaanmu di dalam acara tersebut.

Tunjukkan dirimu dengan membangun interaksi yang positif dengan pelaku bisnis lainnya. Dengan begitu, mereka turut merasa bahwa menjalin hubungan yang baik di antara kalian berdua akan menjadi sebuah peluang yang bagus dalam berbisnis.

Baca juga: 4 Kebiasaan Pebisnis yang Sukses, Termasuk Membangun Networking

4. Mendapat dukungan dari sesama

Dengan networking, Kamu dapat mengetahui bagaimana naik turunnya perjalanan mereka masing-masing dalam menjalankan bisnis, apa kendala tersulit, dan bagaimana mereka menghadapinya.

Tak jarang, sesama pelaku bisnis akan memberikan dukungan, baik itu berupa bantuan langsung atau bantuan secara emosional ketika melihat rekan bisnis kenalannya mengalami kesulitan.

Hal yang sama juga dapat terjadi pada dirimu. Mungkin saat ini Kamu berkesempatan membantu temanmu. Namun di kemudian hari siapa yang tahu kalau kamu yang akan membutuhkan bantuan dan dukungan kenalan terdekat?

Baca juga: Christopher Yapvian Ungkap Kunci Sukses MeMeat Indonesia, Salah Satunya Manajemen Keuangan

5. Rasa percaya diri dan harga diri meningkat

Manfaat positif lainnya yang dapat Kamu rasakan adalah peningkatan rasa percaya diri dan harga diri yang dimiliki.

Dengan saling berinteraksi, memberikan dukungan, dan berdiskusi, dapat meningkatkan rasa percaya diri yang dapat mendorong kamu untuk lebih maju lagi dalam menjalankan bisnis.

Tanpa disadari, kemampuan dalam berkenalan dengan orang baru dan kemampuan berbicara di depan orang lain juga menjadi terasah.

Nah, dengan kemampuan diri yang lebih baik inilah yang akhirnya mendorong secara signifikan rasa percaya diri dan harga diri yang ada.

Baca juga: 5 Aspek Kunci Mengoptimalkan Pengembangan Bisnis, Salah Satunya Reward

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com