Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bisnis dengan Modal Terbatas bagi Pemula Ala Teuku Wisnu

Kompas.com - 25/04/2023, 07:00 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketika ingin memulai suatu bisnis, pasti ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan terencana dan matang. Persiapan tersebut wajib dilakukan agar bisnis yang dijalankan dapat berjalan lancar dan menguntungkan.

Tak terkecuali dalam hal modal. Kerap kali orang berpikiran dalam memulai bisnis, pastilah diperlukan modal yang tidak sedikit.

Padahal, kalimat tersebut belum tentu benar. Saat ini, juga sudah banyak bisnis yang dapat dimulai secara kecil-kecilan dengan modal yang amat minim.

Teuku Wisnu, artis sekaligus pemilik bisnis kuliner Malang Strudel ini membagikan tips berbisnis bagi para pemula yang memiliki modal terbatas melalui webinar yang diselenggarakan oleh Buku Warung secara daring.

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis Seorang Diri, Siap Terima Resiko dan Selalu Perbaiki Kualitas

1. Pandai memanfaatkan peluang

“Ketika kita bisa menyanggupi permintaan customer artinya demand-nya tinggi, itu kita akan mendapatkan peluang keuntungan atau peluang penjualan yang semakin besar,” ujar Wisnu.

Ia mengambil contoh pada saat bulan Ramadhan, saat banyak permintaan baju muslim di pasaran. Tentunya kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang dalam berbisnis.

Para produsen atau penjual, dapat menambah jumlah stok baju muslim lebih banyak dari hari-hari biasanya sebagai persiapan menghadapi tingginya jumlah permintaan dari pelanggan.

Baca juga: Tips Mengubah Hobi Jadi Cuan ala Pemilik Brand Streetwear Hammerstout

Tak hanya itu, penambahan model baju juga dapat menjadi peluang di tengah tingginya permintaan pasar. Sebagai alternatif, dapat menyediakan model baju muslim satu set khusus keluarga.

Sebagai tambahan, jika kamu baru mau memulai bisnis, kamu juga dapat memanfaatkan peluang ini dengan menjadi dropshipper atau reseller baju muslim di bulan Ramadhan.

2. Jadikan produk sebagai solusi

Sebelum mendirikan usaha atau bisnis sebaiknya lakukan riset dengan jelas terlebih dahulu.

Baca juga: Simak 9 Tips Membuat Konten Media Sosial untuk Berbisnis

“Jangan sampai kita bikin sesuatu karena kita suka saja. Sebenarnya boleh saja, asalkan kita mempertimbangkan juga apakah ada pasar yang nantinya akan ‘memakan’ produk ini,” sambungnya.

Cobalah untuk membuat produk berdasarkan pada pelanggan atau masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

Wisnu sendiri menjelaskan bahwa ia mendirikan Malang Strudel sebagai jawaban atas masalah dari pelanggan mengenai oleh-oleh khas Malang yang ingin dibawa, tetapi dengan tampilan yang keren dan pengalaman yang berbeda.

Kamu dapat melakukan survei atau memposisikan dirimu sebagai pelanggan terlebih dahulu sebelum akhirnya bertindak sebagai pelaku bisnis yang akan menawarkan suatu produk.

Baca juga: Rahasia Bikin Pelanggan Tertarik dengan Merekmu, Bisa Dicoba!

3. Modal tak selalu soal uang

Keterbatasan modal menjadi salah satu kendala yang dialami oleh banyak pemula bisnis.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com