Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Menggunakan Business Intelligence, Apa Saja?

Kompas.com - 06/06/2023, 13:00 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber jurnal

KOMPAS.com - Sebagai pemilik bisnis tentu mempunyai kemauan untuk meningkatkan bisnis yang mereka jalankan. Hal ini bisa diwujudkan dengan menggunakan business intelligence (BI).

Business intelligence merupakan alat untuk analisis informasi bisnis untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang bermanfaat untuk tujuan analisis bisnis.

Tidak hanya itu, business intelligence juga mempunyai segudang manfaat untuk kepentingan bisnis perusahaan, antara lain berikut ini beberapa manfaat menggunakan business intelligence yang harus diketahui.

Baca juga: 3 Cara Optimalkan Transformasi Digital dalam Business Marketing

1. Menganalisis perilaku pelanggan

Perilaku pelanggan menjadi salah satu hal penting untuk perusahaan saat mempromosikan produk. Dengan melakukan analisis perilaku pelanggan, perusahaan dapat mengetahui dan pemahaman tentang apa yang mesti dilakukan pada produknya.

Menghasilkan produk sekurang-kurangnya harus dilakukan berdasarkan permintaan pasar. Sehingga, perusahaan harus mengetahui apa yang diinginkan pelanggan untuk menghasilkan produk yang sesuai akan kebutuhan dan Keinginan mereka.

2. Menjadi sarana prediksi penjualan

Business intelligence menjadi sistem yang berguna untuk perusahaan guna menentukan beragam tindakan dan usaha dalam penjualan. Dengan demikian, perusahaan mampu melakukan aktivitas pemasaran sesuai target.

Untuk tujuan itu perusahaan dapat menjalankan aktivitas prediksi pada proses penjualan yang akan dijalankan. Penjualan yang tepat bisa membuat produk menjadi lagu di pasaran hingga mampu memperoleh hasil yang sesuai.

Baca juga: Ini Cara Memanfaatkan Business Messaging bagi Pelaku Usaha

3. Mampu meningkatkan efisiensi biaya

Business intelligence mampu meningkatkan efisiensi biaya karena bisa mempercepat seseorang menjalankan pekerjaan hingga menghemat waktu dan memudahkan pemanfaatannya.

Waktu yang diperlukan untuk mencari data dan memperoleh informasi yang diperlukan makin singkat dan cara untuk memperolehnya juga tidak membutuhkan pengetahuan khusus.

4. Mempermudah pengukuran kinerja perusahaan

Untuk melakukan pengukuran kinerja di sebuah perusahaan biasanya menggunakan ukuran Key Performance Indicator (KPI). Business intelligence bisa memperlihatkan pencapaian KPI suatu perusahaan dengan cepat dan tepat.

Sehingga, akan memudahkan para pihak yang terlibat saat mengambil keputusan guna mempersiapkan Tindakan antisipasi jika ada penanda yang memperlihatkan adanya masalah.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Membuat Business Plan

Selain itu, BI juga dapat membuat kinerja operasional pada perusahaan berjalan dengan cara lebih optimal.

5. Analisis risiko

Penggunaan business intelligence dapat membantu perusahaan melakukan analisis risiko. Beragam kemungkinan risiko dapat diprediksi hingga perusahaan bisa melakukan usaha-usaha pencegahan.

Usaha pencegahan dijalankan sebagai wujud antisipasi pada segala risiko yang kemungkinan dapat dialami perusahaan. Misalnya risiko kerugian sampai mengakibatkan bangkrut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber jurnal
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com