Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Bisnis Pengharum Mobil, Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 25/09/2023, 19:39 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Kompas.com – Zaman sekarang, mobil sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Kehadiran kendaraan roda empat ini menjadi penunjang mobilitas banyak orang untuk beraktivitas .

Selain itu, bagi beberapa orang, mobil sudah dianggap sebagai rumah kedua. Tentunya, interior yang selalu rapi dan wangi menjadi impian bagi setiap pemilik mobil.

Mobil yang wangi tentunya tidak terlepas dari parfum yang beraroma tepat. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Baca juga: 7 Tips Jitu Mendongkrak Penjualan dengan Program ‘Flash Sale’

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bisnis pengharum mobil, seperti membutuhkan modal yang kecil, segmen pasar yang jelas, dan pasti akan laku di pasaran.

Beragam keuntungan ini menjadi daya tarik bagi calon pebisnis yang bingung dalam memulai usaha.

Ingin memulai bisnis pengharum mobil? Simak tips berikut ini seperti yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: Jeli Melihat Peluang, Evi Sukses Membangun Usaha Kuliner Damelecho

1. Tentukan Model Usaha

Bisnis pengharum mobil dapat dijalankan dengan beberapa konsep, mulai dari membuat pengharum sendiri, private label, mitra, dan waralaba atau franchise. Kamu bisa menyesuaikan model usaha dengan modal yang kamu miliki.

2. Amati Pasar

Sebelum memulai usaha, kamu perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen, kesukaan konsumen, dan perilaku konsumen. Sehingga produk pengharum yang kamu buat disukai dan laris di pasaran.

3. Siapkan Modal

Modal yang kamu gunakan untuk memulai usaha ini cukup sedikit tergantung model bisnis yang dipilih.

Baca juga: Catat Rekor Terbesar, Transaksi Bazar UMKM PLN Bersama BUMN Tembus Rp2,3 Miliar

Kamu bisa memulai dengan modal Rp 500.000 dengan konsep private label, yakni mencari produsen parfum lalu buat branding kamu sendiri. Kamu bisa mencari produsen dari tangan pertama agar mendapatkan harga miring.

4. Buat Katalog dan Sampel

Katalog dan sampel menjadi alat yang penting untuk memperkenalkan produk pengharum mobil kamu ke konsumen. Katalog harus memberikan informasi yang lengkap mengenai produk kamu, seperti nama, deskripsi, aroma, harga, kemasan, dan cara pesan.

5. Tentukan Harga Jual

Kamu bisa menentukan harga jual pengharum mobil sesuai dengan harga di pasaran. Di pasaran atau toko online, harga pengharum mobil berbeda-beda tergantung varian dan jenisnya, mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 40 ribu.

Baca juga: Simak 8 Alasan Pelaku UMKM Harus Miliki Merek Dagang

Kamu bisa mengecek terlebih dahulu produk sejenis yang ada di marketplace atau offline store. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam menentukan harga jual.

6. Buat Promosi yang Menarik

Promosi sangat dibutuhkan untuk menarik konsumen. Ada beberapa promosi yang bisa kamu lakukan, seperti diskon, hadiah, bonus, atau program loyalitas untuk pembeli pertama atau pelanggan setia.

7. Lakukan Pemasaran

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan agar pengharum mobil mu cepat laku dan habis yaitu dengan pemasaran.

Baca juga: 5 Tips Sukses Usaha Sayuran Segar bagi Pelaku UMKM

Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan lainnya untuk mengiklankan produkmu.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan eCommerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan eCommerce lain untuk menjual produkmu. Kamu bisa memanfaatkan program “Flash Sale” untuk produkmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com