Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Layanan Payroll untuk Usaha Anda

Kompas.com - 04/03/2024, 08:39 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam memiliki suatu usaha, kita perlu untuk menggunakan teknologi yang membantu pekerjaan supaya efektif dan efisien. Dalam hal pengelolaan gaji dan upah karyawan, ada teknologi yang disebut payroll.

Payroll itu merupakan sistem yang dapat dapat mempermudah Anda dalam proses pembayaran gaji dalam usaha Anda. Pengelolaan gaji dan upah karyawan merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: Jangan Hindari Teknologi agar UMKM Anda Sukses

Bagi banyak pemilik usaha, proses administrasi payroll bisa menjadi tugas yang rumit dan memakan waktu. Oleh karena itu, menggunakan layanan payroll dapat memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi bisnis Anda.

Dilansir dari Entrepreneur, inilah beberapa manfaat menggunakan layanan payroll untuk usaha Anda:

1. Mengatasi Tantangan Umum dalam Bisnis

Sebuah bisnis, baik kecil maupun besar, menghadapi tantangan. Bisnis yang sukses adalah bisnis yang menghadapi tantangan dan mencegahnya agar tidak berkembang menjadi masalah.

Layanan payroll dapat memainkan peran yang sangat besar dalam menangani tugas dan tantangan terkait pembayaran gaji karyawan. Tugas-tugas itu mungkin dispelekan, padahal sebenarnya tugas itu tidak sederhana.

Jika tak menggunakan layanan payroll yang otomatis dapat menghabiskan waktu pemilik bisnis yang sibuk. Padahal waktu berharga tersebut dapat digunakan untuk hal yang lain.

Maka dari itu, Anda membutuhkan penyedia layanan pihak ketiga yang menawarkan solusi berkualitas tinggi untuk membantu menjalankan operasional bisnis Anda.

Layanan payroll menyediakan berbagai layanan manajemen risiko yang dapat mengambil bagian signifikan dari fungsi-fungsi ini dari pundak Anda.

2. Mengelola dan Mempermudah Peraturan dan Layanan

Bagian SDM dan payroll, dalam kebanyakan kasus, bertugas untuk mencakup aturan dan regulasi yang bisa kompleks, serta dengan pemotongan gaji. Sebuah penyedia layanan payroll yang berpengalaman dapat mengelola semua layanan, regulasi, dan aturan itu.

Di beberapa negara, asuransi kompensasi pekerja adalah keharusan. Persyaratan lain yang perusahaan Anda harus kelola dengan tepat adalah asuransi pengangguran negara dan jaminan sosial.

Bisnis Anda dapat menjadi subjek dari tindakan hukum dan sanksi dari pihak berwenang. Berbagai aturan dan regulasi tidak hanya berlaku untuk pemotongan gaji dan cakupan.

Kesalahan dapat mengakibatkan munculnya kenaikan biaya bagi usaha Anda. Layanan payroll dapat membantu memastikan bahwa setoran Anda tepat dan tak melewati tenggat.

3. Membantu Dalam Proses Perekrutan

Rekrutmen sangat penting jika bisnis ingin berkembang dan menempatkan bakat terbaik pada posisi yang tepat. Namun, sisi negatifnya, seluruh proses rekrutmen membutuhkan komitmen waktu dan juga uang.

Faktor negatif potensial lainnya adalah bahwa tidak semua perekrutan akan menjadi karyawan yang kuat dan efektif. Tidak ada bisnis yang ingin merekrut karyawan yang buruk.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com