Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpotensi Laris Manis, Ini 5 Ide Bisnis Produk "Gluten Free"

Kompas.com - 13/04/2024, 08:17 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Saat ini produk gluten free sudah jadi sebuah kebutuhan bagi sebagian masyarakat. Terlebih bagi penderita celiac dan orang-orang yang mengalami intoleransi terhadap gluten.

Hal ini karena konsumsi produk gluten dapat meningkatkan risiko kesehatan, terutama masalah pencernaan.

Sehingga mereka harus benar-benar menghindari produk-produk yang mengandung gluten. Sebenarnya, gluten merupakan sejenis protein yang terkandung dalam biji-bijian seperti jelai dan gandum yang tentu saja aman dikonsumsi tubuh.

Hanya saja, tak semua orang bisa mengkonsumsi produk yang mengandung protein gluten.

Oleh sebab itu, makanan yang dikonsumsi harus benar-benar bebas dari kandungan gluten. Hal ini membuat kesadaran masyarakat terkait produk bebas gluten saat ini juga cukup tinggi. Kondisi inilah yang kemudian membuka peluang bisnis produk bebas gluten menjadi sangat terbuka lebar.

Tertarik mencoba bisnis produk bebas gluten, tapi masih bingung produk seperti apa saja yang berpotensi lebih? Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa ide produk bebas gluten yang bisa Anda coba kembangkan, antara lain:

1. Tepung Bumbu Bebas Gluten

Bisa dibilang gorengan menjadi salah satu makanan favorit hampir seluruh masyarakat dari berbagai kalangan. Namun tentunya tak semua orang bisa mengkonsumsi makanan ini karena masalah kesehatan. Hal ini karena kebanyakan tepung untuk gorengan yang beredar di pasaran saat ini mengandung gluten.

Maka dari itu, tepung bumbu bebas gluten bisa jadi ide produk yang menarik untuk dikembangkan menjadi bisnis menjanjikan. Ditambah lagi dengan tingkat kesadaran masyarakat akan produk bebas gluten juga semakin besar.

Hal ini membuat keberadaan produk tepung bebas gluten cukup memiliki peluang yang menjanjikan.

Apalagi, jika tepung tersebut sudah diberikan bumbu penyedap yang menjadikan rasanya semakin kuat. Agar lebih sehat, pastikan kandungan penyedap di produk tersebut dalam batas aman untuk dikonsumsi tubuh.

2. Egg Roll dari Singkong

Produk bebas gluten berikutnya yang tak kalah menarik untuk dikembangkan jadi bisnis adalah egg roll dari bahan tepung singkong. Tentunya, tepung tersebut bisa dipastikan bebas gluten. Sehingga cukup aman dikonsumsi, terutama bagi penderita intoleransi gluten, diabetes, celiac dan sebagainya.

Selain itu, tepung singkong juga punya banyak manfaat, seperti menurunkan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan juga kadar trigliserida. Hal ini karena kandungan serat dalam singkong yang terbilang cukup tinggi.

3. Mie Instan

Jika berbicara soal mie instan, sepertinya hampir semua orang pernah menikmati atau mencicipi makanan ini. Bisa dikatakan, keberadaan mie instan di masyarakat sama seperti bahan pokok lainnya. Hanya saja, tak semua orang bisa menikmati makanan ini karena takut akan kandungan gluten di dalamnya.

Mengingat tingginya minat mie instan, ini bisa jadi ide bisnis produk bebas gluten yang cukup menjanjikan untuk dicoba. Saat ini sudah ada beberapa produk mie instan bebas gluten yang beredar di pasaran.

Berbeda dengan mie instan umumnya, sagu dan spirulina menjadi bahan baku alternatif menggantikan tepung terigu. Oleh sebab itu, jangan heran jika harganya lebih tinggi dibandingkan mie instan yang banyak beredar di pasaran.

Baca juga: Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com