Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elliyina Sukses Kembangkan Bisnis Camilan dan Gandeng Ratusan Mitra

Kompas.com - 21/05/2024, 09:47 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengambil langkah inovatif dengan memanfaatkan bahan lokal, Elliyina (36), berhasil merintis bisnis camilan berbahan dasar melinjo.

Bisnis itu ia namakan Koncone Ngemil. Koncone ngemil menghadirkan camilan kekinian berbahan dasar melinjo yang biasa kita kenal dengan emping.

Baca juga: Ingin Sejahterakan Pengrajin Kain, Aris Merintis Titik Nyaman hingga Berhasil Ekspor

Berbeda dengan emping biasanya, snack Koncone Ngemil ini memiliki tekstur yang gurih dan renyah, lebih mirip dengan keripik (chips). Emping chips itu terdiri dari beberapa varian rasa kekinian yaitu pedas, manis, asin, dan original.

Resign dari Pekerjaan

Elli mengaku awalnya ia merupakan seorang karyawan yang akhirnya berhenti dari pekerjaannya, karena anaknya sakit.

“Setelah resign, aku nganggur. Selama nganggur itu aku cuma menjalani hobi nulis aja,” katanya kepada Kompas.com pada Kamis (16/05/2024).

Hingga suatu hari ia mendapat rekomendasi dari temannya, bahwa peluang untuk berbisnis melinjo matang cukup tinggi. Elli sama sekali tidak mempunyai latar belakang bisnis, Ia lulus dengan menyandang sarjana pendidikan, tepatnya pendidikan bahasa Inggris.

Namun dengan keberanian yang ia punya, ia mengambil peluang itu dan resmi membuka Koncone Ngemil pada tahun 2018. Elli mengatakan setelah menjalankan bisnisnya, ia jauh lebih menikmati berbisnis dibanding saat masih menjadi karyawan kantor.

“Bisnis itu lebih challenging dan tak monoton. Kalau ngantor itu setiap hari begitu-begitu aja,” ujarnya.

Bermodalkan Rp 60.000

Untuk memulai Koncone Ngemil, saat itu ia hanya membutuhkan modal sekitar Rp 60.000, yaitu untuk membeli satu kilo melinjo. Sisanya ia hanya menggunakan perlengkapan dan peralatan dapur yang sudah ada seperti minyak, wajan, dan lain sebagainya untuk menggorengnya menjadi emping.

Baca juga: Kisah Murniati, Mantan Pegawai Kantoran yang Kini Sukses Berbisnis Camilan Olahan Nanas Madu

Ia memutuskan untuk lebih mengembangkan bisnisnya karena ia ingin memperkenalkan melinjo yang bagus untuk kesehatan karena mengandung anti-oksidan yang tinggi.

Produk-produk Koncone NgemilKompas.com - Ester Claudia Pricilia Produk-produk Koncone Ngemil

“Padahal anti-oksidan melinjo tinggi, bagus untuk anak muda. Orang-orang taunya kalau melinjo itu Cuma bikin asam urat,” kata Perempuan yang mempunyai hobi jalan-jalan itu.

Selain itu ia juga ingin anak muda tahu bahwa Indonesia mempunyai camilan nusantara yang unik, yaitu emping.

Kota asal Elli, Solo, yang juga merupakan lokasi usaha Koncone Ngemil, bukanlah penghasil komoditi melinjo, maka ia mendapatkan supplier melinjo dari daerah di sekitar Solo, yaitu Kabupaten Sukoharjo. Namun akhir-akhir ini penghasilan melinjo sedang terkendala karena faktor cuaca.

“Melinjo yang tumbuh nggak sesuai harapan, aku butuh lebih banyak melinjo karena permintaan pasar. Jadi sekarang masih cari-cari supplier lagi,” jelas Ibu dari tiga anak itu.

Sempat Sakit

Awal-awal membuka bisnis, cukup banyak masalah yang menimpa Elli. Pada 2019 awal, saat usia bisnisnya bahkan belum resmi menginjak satu tahun, Elli terpaksa harus menutup sementara karena sakit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com