Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Cara Menarik Kepercayaan Pelanggan, Kamu Perlu Tahu

Kompas.com - 26/08/2024, 12:38 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu sudah berhasil mendapatkan kepercayaan para pelanggan? Jangan diabaikan, kepercayaan pelanggan ternyata bisa sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis.

Pelanggan memiliki arti yang berbeda dengan pembeli. Jika pembeli mungkin hanya membeli sesekali saja, sementara pelanggan potensinya jauh lebihsering bahkan rutin membeli apa yang kamu tawarkan. Pelanggan cenderung memilih kembali membeli di toko kamu, dibandingngkan membeli di toko lain.

Itu sebabnya, kamu harus mempertahankan para pelanggan. Namun, pembeli tidak secara langsung berubah menjadi pelanggan. Salah satu proses yang harus kamu lewati adalah menarik kepercayaan mereka terlebih dahulu.

Pelanggan yang sudah percaya kepada kamu umumnya akan semakin loyal, dan bersedia membeli apapun yang kamu tawarkan, karena mereka sudah yakin bahwa apa yang kamu jual sakan sesuai dengan harapan mereka.

Baca juga: 3 Strategi Bisnis yang Berorientasi Pelanggan, Penting Bagi Usaha Kecil

Penting sekali untuk menarik kepercayaan pelanggan, tetapi bagaimana cara mendapatkannya? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menarik kepercayaan pelanggan, seperti yang dilansir dari Entrepreneur.com:

1. Informasi Mudah Diakses

Bagaimana mungkin pelanggan bisa percaya jika bisnis kamu misterius dan tidak ada jejak informasi yang bisa diakses? Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah tinggalkan informasi yang jelas terkait bisnis kamu.

Misalnya dengan rutin membagikan postingan di media sosial terkait bisnis kamu, mulai dari menawarkan produk, mengunggah testimoni pembeli, membagikan cuplikan proses produksi, keseharian pengunjung di toko, terdapat informasi pelangkap seperti alamat dan jam operasional.

Baca juga: 3 Cara Menarik Pelanggan Sesuai Target Pasar

Dengan adanya informasi bisnis maka pelanggan bisa lebih percaya, setidaknya mereka tahu ada kejelasan dari bisnis kamu ini. Selain itu, tentunya mereka akan lebih yakin berbelanja di toko kamu dengan melihat personal branding yang kamu bangun ini.

2. Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Masih berkaitan dengan kemudahan akses informasi terhadap bisnis kamu, menjawab pertanyaan pelanggan juga termasuk cara untuk meningkatkan kepercayaan mereka. Dengan menjawab pertanyaan pelanggan, mereka akan merasa kamu memberi solusi dan membantu mereka, tentu saja ini akan meningkatkan rasa kepercayaan.

Saat menjawab pertanyaan pelanggan, kamu bisa sertakan rekomendasi-rekomendasi yang mungkin saja membantu mereka menentukan pilihan. Bahkan, kamu juga bisa selipkan promosi di dalamnya agar mereka semakin tertarik dan memutuskan berbelanja di tempat kamu.

Jika kamu ramah menjawab pertanyaan pelanggan dan membantu mereka, kemungkinan besar mereka akan kembali lagi berbelanja di toko kamu. Dengan kata lain, pelanggan akan lebih nyaman berbelanja di toko yang bisa menjawab dan memenuhi kebutuhan mereka.

Menjawab pertanyaan pelanggan bukan hanya berlaku saat tatap muka langsung saja, tetapi juga menjawab pertanyaan daring yang masuk. Meskipun ada beberapa pertanyaan yang pada akhirnya tidak berujung pembelian, setidaknya mereka tahu bisnis kamu memberikan pelayanan terbaik dan memiliki kesopanan untuk menjawab.

Baca juga: 4 Cara Menarik Pelanggan Saat Membangun Bisnis Baru

3. Bangun Kedekatan Dengan Pelanggan

Memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan adalah kunci untuk menadapatkan kepercayaan mereka. Sebenarnya untuk sampai ke tahap dekat dengan pelanggan, bisa diawali dengan menjawab pertanyaan dan membantu mereka.

Jika kesan pertama sudah baik, besar peluangnya untuk lebih dekat dengan pelanggan. Bangun komunikasi dengan mereka sehingga pelanggan merasa lebih dihargai.

Salah satu hal mendasar yang sering diabaikan pelaku usaha adalah tidak memerhatikan detail pelanggan atau tidak ingat dengan pelanggannya. Jika penjual bisa ingat beberapa kebiasaan dari pelanggan tentu membuat para pelanggan merasa lebih senang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau