Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Memulai Bisnis Karaoke Keluarga

Kompas.com - 09/08/2022, 05:55 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Geliat bisnis karaoke saat ini sedang booming. Hampir di setiap kota, punya satu atau bahkan lebih tempat karaoke.

Selain keuntungan jangka panjang yang masih diragukan, juga adanya anggapan bahwa karaoke hanya untuk orang yang memiliki suara merdu, sehingga hanya kalangan tertentu saja yang memilih pergi ke karaoke keluarga.

Melihat fenomena menjamurnya bisnis karaoke, lantas bagaimana peluang untuk memulai bisnis tersebut?

Membuka bisnis karaoke tentunya sangat menjanjikan. Karena saat ini ketertarikan masyarakat untuk menikmati fasilitas karaoke juga semakin besar.

Selain itu, dalam pengelolaan tidaklah rumit. Hanya memerlukan bangunan dengan beberapa ruangan serta perlengkapan elektronik yang menunjang karaoke.

Apalagi saat ini, dalam membuka bisnis karaoke, juga dipermudah dengan adanya sistem waralaba. Namun selain dengan sistem waralaba, memulai bisnis karaoke sebenarnya juga bisa dilakukan secara mandiri.

Berikut ini adalah hal-hal yang sangat perlu dipertimbangkan saat memulai bisnis karaoke keluarga dilansir dari Cermati.com:

1. Produk

Bisnis karaoke pada dasarnya menjual produk yang berupa layanan. Menyediakan jasa yang berkaitan dengan fasilitas karaoke.

Dalam membuka bisnis karaoke, perlu dipikirkan apakah lebih menguntungkan dengan membeli waralaba ataukah dikerjakan secara pribadi.

Jika dengan waralaba, maka tentunya akan membutuhkan modal yang cukup besar. Hal ini karena berkaitan dengan adanya pembayaran terkait dengan hak cipta serta branding. Jika memilih waralaba, memang cenderung praktis. Karena hanya perlu menyiapkan modal serta tempat saja.

Berlainan jika memulai bisnis karaoke secara mandiri, modal dapat disesuaikan dengan kemampuan pribadi, serta tidak perlu dipusingkan dengan sistem pembayaran royalti. Namun di sisi lain, kegiatan bisnisnya pun memang harus dimulai dari nol.

Baca juga selengkapnya: 26 Bisnis Online Menjanjikan

2. Sumber Daya Modal

Dalam memulai bisnis apapun, modal menjadi hal yang terpenting. Demikian juga ketika ingin membuka bisnis karaoke.

Jika memilih memulai bisnis secara mandiri, modal yang dibutuhkan mungkin tidak sebesar ketika menggunakan waralaba. Modalnya pun bisa berasal dari dana pribadi maupun dari utang.

3. Tempat

Membuka suatu usaha, harus memikirkan tempat yang strategis. Pun ketika membuka bisnis karaoke. Memikirkan secara matang di mana akan didirikan bangunan yang digunakan untuk bisnis karaoke sangatah penting.

Lokasi untuk bisnis karaoke akan menentukan keberhasilan ke depannya. Karena ketika salah dalam memilih tempat, akan menyebabkan masalah yang serius, bahkan hingga kebangkrutan. Misalnya sangat tidak mungkin jika tempat karaoke didirikan di daerah yang jauh dari pusat keramaian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com