Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jadi Pedagang Bakso Sukses, Ini Tips Laris Manis Jualan Bakso Bakar

Kompas.com - 23/08/2022, 19:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuliner bakso menjadi favorit masyarakat Indonesia. Kuliner yang lazim berbentuk bulat tersebut bahkan diakui oleh Presiden Jokowi selalu memenuhi jalanan dan pasar-pasar di Indonesia.

Jokowi mengatakan setiap kali berkunjung ke daerah ia melihat pedagang mi dan bakso memenuhi jalanan dan pasar-pasar. Hal itu, menurut Jokowi sebagai tanda bahwa mi dan bakso sangat dikenal di kalangan masyarakat dan paling banyak peminatnya.

“Sering saya juga lihat antrian di kios pedagang pasar yang antrinya panjang, karena ingin makan bakso,” kata Jokowi.

Tak hanya memenuhi jalanan dan pasar-pasar, mi dan bakso juga sudah ramai menjadi konten media sosial oleh para konten kreator.

“Artinya apa? Bakso menjadi salah satu makanan yang sangat dikenal di seluruh masyarakat Indonesia dan paling banyak penggemarnya,” ucap Jokowi.

Nah, kuliner bakso ternyata masih punya peluang besar untuk dijadikan usaha. Apalagi Jokowi sudah mengakui bakso sebagai kuliner yang punya banyak penggemar.

Ada banyak jenis kuliner bakso selain bakso kuah yang bisa dijadikan usaha. Salah satunya bakso bakar

Berikut tips dan trik membuka bisnis bakso bakar supaya laris manis seperti dirangkum dari Cermati.com.

1. Buat bakso sendiri

Membuat bahan baku sendiri untuk usaha makanan bisa menghemat pengeluaran. Dengan membuat sendiri, penjual bisa bebas menentukan porsi daging yang ingin ditambahkan saat membuat bakso.

Membuat bakso sendiri juga bisa menjaga cita rasa dan kualitas sesuai standar yang telah ditetapkan. Kualitas rasa olahan bakso nantinya akan membuat pelanggan kembali menyantap.

Adapun bahan-bahan untuk membuat bakso seperti daging ayam giling, tepung tapioka, bawang merah, dan bumbu penyedap lainnya. Setelah itu, bentuk bakso menjadi bulat dengan ukuran sesuai selera.

Pembuatan bakso bisa dibuat bervariasi agar konsumen bisa memilih. Bentuk bakso bisa berupa bakso bulat biasa ataupun bakso tahu.

2. Tentukan lokasi berjualan

Penentuan lokasi akan berpengaruh kepada omzet dan modal yang dibutuhkan. Tempat-tempat yang bisa dipilih seperti di pasar, sekolahan, atau di warung khusus tempat makanan berjejer. 

Coba sesuaikan lokasi yang tepat sesuai modal. Jika minim modal, lokasi pasar dan sekolah sangat tepat lantaran tak perlu menyewa tempat khusus untuk berjualan.

3. Pastikan peralatan memadai

Berjualan bakso bakar relatif membutuhkan peralatan yang cukup sederhana. Peralatan yang dibutuhkan untuk membakar, saos, sendok sayur, tabung gas, tusuk lidi, plastik, dan kendaraan untuk berjualan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com