Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memulai Bisnis Kembang Tahu Jahe

Kompas.com - 19/04/2023, 17:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.comKembang tahu jahe menjadi salah satu kuliner tradisional Indonesia yang terkenal. Selain karena memiliki rasa yang nikmat, kuliner ini disebut memiliki khasiat yang baik untuk tubuh.

Bisnis kembang tahu jahe menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, apalagi dijual di musim hujan. Namun, tenang saja musim panas pun masih menjanjikan.

Selain itu, minuman kembang tahu jahe juga memiliki target pasar yang luas baik anak kecil maupun dewasa.

Oleh karena itu, tertarik untuk mencobanya? Berikut ini beberapa cara sukses untuk memulai bisnis kembang tahu jahe.

Baca juga: Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu 5 Hal Penting Ini

1. Memahami target bisnis

Ketika memulai bisnis tentu harus memahami target bisnis atau pelanggan yang menjadi target utamanya. Umumnya target bisnis kembang tahu jahe cukup luas, mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa.

Minuman yang bisa disediakan secara hangat maupun dingin bisa menjamah setiap usia. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri karena tidak harus memperhatikan pembagian usia.

2. Memilih tempat yang strategis

Meskipun bisa berjualan di manapun tanpa memperhatikan pembagian usia pelanggan. Kamu tetap harus menentukan tempat yang strategis untuk berjualan. Sebab tempat menjadi salah satu kunci kesuksesan suatu bisnis.

Bisnis yang berjualan di tempat yang strategis lebih besar kemungkinannya untuk sukses. Misalnya membuka tempat bisnis di sekitar tempat wisata atau padat penduduk.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Makanan Tradisional Layak Untuk Dicoba

3. Menyiapkan modal dan bahan baku

Suatu bisnis memerlukan modal untuk dijalankan, modal harus dipersiapkan berdasarkan keperluan, terutama keperluan bahan baku.

Bahan baku yang diperlukan untuk membuat kembang tahu jahe, bisa didapatkan dengan mudah yaitu membelinya di pasar tradisional seperti kedelai, jahe, daun pandan, gula merah dan lainnya.

Sehingga modal yang diperlukan tidak terlalu besar dan Kamu dapat memaksimalkan modal yang kecil untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Baca juga: 5 Tips Jitu Mengembangkan Bisnis Jajanan Tradisional Biar Untung

4. Memperhatikan harga jual

Selanjutnya memperhatikan harga jual kembang tahu jahe. Kamu bisa memberikan tawaran dua menu, yaitu kembang tahu jahe yang berukuran besar dan berukuran kecil.

Menentukan harga jual bisa dengan menghitung biaya yang sudah dikeluarkan untuk bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com