Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Bisnis dengan Lakukan Analisis SWOT, Begini Caranya

Kompas.com - 19/06/2023, 09:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Go Daddy

KOMPAS.com – Istilah yang satu ini mungkin sudah bukan sesuatu yang asing lagi di kalangan masyarakat. Analisis SWOT merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), dan Threat (ancaman).

Analisis SWOT dapat menjadi salah satu teknik yang dapat kamu gunakan untuk melakukan evaluasi bisnis, sehingga kamu dapat mengembangkan bisnis lebih jauh dan lebih maju lagi ke depannya, terlebih lagi jika kamu masih pemula dalam menjalankan bisnis.

Melalui analisis SWOT, kamu dapat membuat strategi atau perencanaan yang lebih efektif dan maksimal, contohnya dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif menggunakan media sosial bisnismu.

Berikut ini empat langkah memanfaatkan analisis SWOT pada bisnis yang kamu jalankan.

Baca juga: Rahasia Sukses Ali Nur Zaman Jalankan Bisnis Ayam Guling dan Bimbel

1. Cari tahu kekuatan bisnis

Kekuatan bisnis yang kamu miliki dapat menjadi suatu keunggulan tersendiri di tengah persaingan yang ada di pasaran. Kamu dapat menjadikan kekuatan ini sebagai daya tarik yang ditonjolkan kepada pelanggan.

Sebagai contoh, kamu membuat minuman herbal, tetapi dengan menggunakan kemasan yang lucu dan kekinian sesuai dengan selera anak muda sebagai target pasar yang dituju.

Kamu dapat menunjukkan, bahwa bahan-bahan yang kamu gunakan semuanya berbahan alami dan tidak menggunakan pemanis buatan yang berbahaya bagi kesehatan.

Kemudian, kamu juga dapat melihat jenis varian atau rasa yang banyak diminati konsumen, sehingga kamu dapat meningkatkan penjualan dengan melakukan produksi lebih banyak atau menawarkan promosi khusus terkait varian atau rasa tersebut.

Baca juga: Tips Mendapatkan Prospek Usaha: Optimalkan Peluang Bisnis

2. Atasi kelemahan yang dimiliki

Di samping kekuatan, tentu ada kelemahan. Nah, kelemahan yang ada ini perlu kamu atasi agar bisnismu dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Kamu dapat melakukan riset secara mandiri untuk mengetahui apa kelemahan yang ada dalam bisnismu.

Kamu juga dapat membuat survei untuk meminta feedback pelanggan agar mengetahui kekurangan dari opini pelanggan.

Misalnya dari survei yang diberikan, kamu mendapatkan hasil bahwa pelanggan mengeluhkan susahnya akses untuk melakukan pemesanan, dengan hanya memanfaatkan aplikasi chatting WhatsApp.

Nah, kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan mulai memasukkan produkmu ke dalam marketplace online, sehingga pelanggan dapat lebih mudah melakukan pemesanan produk.

Baca juga: Peluang dan Tips Bisnis Bahan Kue, Jarang Pesaing Cuan Besar

3. Maksimalkan peluang yang ada

Selanjutnya, lihat peluang sebanyak-banyaknya yang ada pada pelanggan atau target pasarmu.

Sekarang ini, hampir semua orang menawarkan produknya secara online menggunakan berbagai media yang mendukung, mulai dari marketplace online hingga media sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com