Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Hewan Qurban? Perhatikan Hal Ini agar Berjalan Lancar

Kompas.com - 19/06/2023, 09:10 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Adha identik dengan kegiatan berkurban baik berupa kurban sapi maupun kambing. Ini tentu menjadi peluang bagi mereka yng ingin berbisnis.

Namun, untuk menjalankan bisnis hewan kurban tidak semudah yang dilihat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Oleh karena itu, berikut ini hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika menjalankan bisnis hewan kurban, seperti yang dilansir oleh cashlez.com:

Baca juga: Latah Jadi Berkah, Tips Sukses Bisnis Hewan Kurban

1. Memilih jenis hewan kurban secara tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan pemilik bisnis hewan kurban adalah memilih jenis hewan kurban secara tepat. Untuk memastikannya kamu bisa menyesuaikan jenis sapi maupun kambing yang akan dipelihara berdasarkan dari berbagai pertimbangan.

Misalnya seperti kamu menyesuaikan jenis hewan kurban berdasarkan dari tren pasar. Untuk mengetahui tren tersebut, bisa dengan melihat referensi dari pemilik bisnis hewan lainnya.

2. Mengutamakan kesehatan pada hewan

Selanjutnya, bagian penting yang harus dilakukan pemilik bisnis hewan kurban adalah mengutamakan kesehatan hewan-hewan mereka yang dipelihara.

Misalnya dengan menyediakan asupan nutrisi yang baik supaya hewan tersebut terhindar dari penyakit dan tetap sehat. Pasalnya, saat hewan kurban terkena penyakit bisnis pun akan terhambat.

Apabila diperlukan, kamu juga dapat melakukan konsultasi ke dokter hewan tentang kondisi kesehatan para hewan yang kurban.

Baca juga: Mau Jual Hewan Kurban Jelang Idul Adha? Penuhi Dulu Syarat-syaratnya

3. Memaksimalkan strategi marketing

Selanjutnya, kamu harus memaksimalkan strategi marketing untuk menjangkau target pelanggan. Untuk menjangkau target pelanggan, terdapat beragam cara yang bisa dilakukan.

Promosi dilakukan misalnya kepada orang-orang terdekat, memasang iklan di platform online, memasang banner, dan lainnya. Selain itu, pertahankan reputasi bisnis yang dimiliki, bisa dengan melalui komentar pelanggan.

4. Memperhatikan fasilitas yang ada

Hal yang menunjang kesehatan hewan-hewan kurban tidak hanya dari asupan nutrisi yang diberikan, tetapi juga dari fasilitas yang digunakan untuk memelihara benar-benar berpengaruh.

Oleh karena itu, apabila fasilitas tersebut terjaga kebersihan dan kenyamanannya, kesehatan hewan kurban juga bisa meningkat. Akhirnya, keamanan di tempat hewan kurban juga terjamin.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Konsumen di Malang Lebih Pilih Kambing ketimbang Sapi

5. Memperhatikan jumlah konsumsi pakan

Selanjutnya memperhatikan jumlah konsumsi pakan, hal ini bertujuan supaya hewan kurban tetap sehat. Jadi, pastikan kamu mengetahui berapa banyak nutrisi yang diperlukan hewan kurban.

Di samping itu, kamu juga harus mengelola pengeluaran untuk kebutuhan pakan hewan. Sehingga, pastikan dalam memilih jenis suplemen yang harganya terjangkau dan cocok untuk hewan ternak.

6. Mengoptimalkan penggunaan jerami

Memberikan jerami kepada hewan kurban menjadi salah satu jenis pakan yang mahal. Oleh karena itu, apabila bisnis hewan kurban yang dijalanlan menggunakan jerami sebagai pakan, pastikan untuk mengoptimalkan penggunaan jerami.

Kamu bisa melakukannya dengan cara meletakkan jerami ke dalam tempat makan, jadi tidak ada jerami yang terbuang dengan sia-sia.

Baca juga: Tips Membangun Manajemen Keuangan yang Baik untuk Usaha Mikro

7. Mempersiapkan rencana keuangan

Terakhir, untuk memperoleh keuntungan yang maksimal melalui bisnis hewan kurban, persiapkan rencana keuangan secara efektif.

Di mana rencana keuangan itu bisa membantumu untuk mengelola bisnis, dimulai dari mengontrol pengeluaran bisnis sehari-hari sampai mengantisipasi pengeluaran biaya tidak terduga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com