Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Komunitas Overheard Beauty, Emiria Larasati Bangun Brand Kecantikan Kitschy

Kompas.com - 07/10/2023, 09:05 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBisnis kecantikan merupakan salah satu jenis usaha yang terus berkembang pesat.

Pasalnya, produk-produk kecantikan, baik skincare maupun make up selalu diminati para perempuan dari berbagai usia.

Itulah mengapa, membangun bisnis kecantikan bisa menjadi peluang yang bagus untuk menghasilkan cuan. Apalagi, jika kamu memulainya dengan strategi yang tepat.

Baca juga: Cerita Abella Merintis Usaha Crafting hingga Sukses Gaet Konsumen Luar Negeri

Peluang ini tampaknya disadari oleh Emiria Larasati, Founder brand kecantikan Kitschy. Sebuah brand kecantikan inklusif dan berbasis komunitas, yang bermula dari akun Instagram @overheardbeauty.

“Kami awalnya mulai dari komunitas di Instagram @overheardbeauty pada tahun 2017. Kemudian tahun 2019 membuat event Oh Beauty Festival yang pertama, lalu pada tahun 2021 kami meluncurkan Kitschy sebagai brand pertama.”

Hal itu diungkap perempuan yang akrab disapa Rara ini, kepada Kompas.com di tengah event Oh Beauty Festival 2023 di Pondok Indah Mall 3, Jum’at (6/10/2023).

Rara mengaku, dirinya terinspirasi salah satu brand lokal di Amerika yang juga bermula dari komunitas. Selain itu, tingginya antusiasme komunitas Over Heard Beauty, membuat Rara makin yakin untuk meluncurkan brand.

“Saya melihat tingginya antusiasme komunitas @overheardbeauty dan juga pada tahun 2019 industri kecantikan sedang booming, sehingga banyak produk lokal bermunculan,” katanya.

Namun demikian, produk pertama yang dijual di bawah nama merek Kitschy bukanlah produk kecantikan, melainkan merchandise.

Salah satu produk KitschyNur Wahyu Pratama Salah satu produk Kitschy

Diceritakan Rara, saat itu bertepatan dengan event Oh Beauty Festival 2019, dengan modal yang tidak terlalu besar, ia membuat tumblr sebagai merchandise.

Tak disangka, banyak yang berminat untuk membeli merchandise tersebut. Hal ini semakin meyakinkan Rara untuk terus mengembangkan Kitschy.

“Saya beruntung punya teman-teman komunitas yang selalu mendukung perkembangan brand kami. Didukung oleh komunitas, membuat kami semakin bersemangat untuk membangun brand,” ujar perempuan 32 tahun ini.

Tahun 2021, setelah melakukan riset untuk mengetahui kebutuhan market, Kitschy akhirnya meluncurkan produk skincare pertamanya dalam tiga varian, yakni dua jenis moisturizer dan serum.

“Kami mengeluarkan skincare yang basic dulu. Ini karena, tidak semua orang yang baru membeli skincare tiba-tiba membeli retinol atau vitamin C. Saat ini juga sudah makin berkembang, karena kami juga mengeluarkan berbagai varian parfum,” tuturnya.

Baca juga: Cerita Perjalanan Haykal Kamil Membangun Brand Fashion Muslim ZM Zaskia Mecca

Produk KitschyNur Wahyu Pratama Produk Kitschy
Tantangan Membangun Bisnis

Semua pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pasti mengalami hambatan dan berbagai kesulitan dalam menjalankan bisnisnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com