Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Era Marketing 5.0, Apa yang Harus Dilakukan Pelaku Usaha?

Kompas.com - 10/10/2023, 08:24 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi konsumen era sekarang berbeda dengan konsumen di waktu-waktu sebelumnya. Hal ini pula yang mengharuskan pelaku usaha, terutama UMKM memahami marketing 5.0.

Praktisi personal branding Dini Prathivi dalam paparannya di webinar E-Hub Corner yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan salah satu hal yang harus dipahami pelaku usaha adalah data.

“Saat ini, penting bagi para pelaku usaha untuk membuat manajemen data terhadap pelanggannya. Karena produk yang Anda jual sesungguhnya tidak bisa dibeli oleh semua orang, harus tersegmentasi,” ungkap Dini, Senin (9/10/2023).

Baca juga: 5 Kiat Dasar Memulai Bisnis Studio Foto, Cocok Untuk Pemula

Dini menjelaskan, sejak tahun 2021, marketing 5.0 sudah berjalan dengan menggabungkan semua kebaruan teknologi dan pembangunan ekosistem data.

Dini menekankan bahwa untuk menyeimbangkan ekosistem perdagangan digital seperti saat sekarang ini, pelaku usaha harus bisa mengikuti setiap perkembangan secara perlahan, menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan usaha masing-masing.

“Pergerakan digital sangat cepat, tidak bisa dikejar setiap waktu. Untuk mengikuti perkembangannya, itu kembali pada keputusan Anda pribadi yang menjalankannya,” jelasnya.

Baca juga: Upaya Smesco dan Kemenkop UKM Tumbuhkan Wirausaha lewat Indonesia Digital MeetUp 2023

Karenanya, untuk memulai bisnis, Dini menyarankan pelaku usaha bisa melakukan manajemen data yang berisikan data segmentasi konsumen.

"Baru setelahnya Anda melakukan branding di media sosial yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan,” ungkap dia.

Karenanya, Dini berpesan bagi para pelaku usaha untuk bisa bersikap adaptif terhadap perubahan teknologi guna mendukung usaha yang dijalankan.

E-Hub sendiri merupakan program yang dijalankan oleh Kedeputian Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM.

Dalam webinar ini, tema yang diangkat ‘Marketing 5.0: Strategi Pemasaran Jitu Jaman Now’. Audiens yang disasar bukan hanya kalangan pelaku usaha, melainkan juga masyarakat umum yang ingin memiliki usaha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com