Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Maslahat Latih Pengelolaan Keuangan Pelaku UMKM Kalsel

Kompas.com - 23/12/2023, 17:27 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk melalui BSI Maslahat memberikan pelatihan standar produksi dan kemasan produk bagi para pelaku UMKM Kalimantan Selatan anggota Bank Wakaf Mikro (BWM).

Kegiatan ini merupakan penguatan program ekonomi mikro dalam koordinasi dan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK RI).

Direktur Deputi Pengawasan Perilaku PUJK Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Provinsi Kalsel, Abidir Rahman menyampaikan apresiasi positif dan dukungannya atas pelaksanaan pelatihan ini.

Baca juga: Warga Binaan Lapas Kelas I Malang Hasilkan Batik Tulis Lowokwaru Kualitas Premium Siap Jual

 

“Dengan adanya pelatihan ini, ibu-ibu nasabah BWM dapat memperbaiki kualitas produk dan kemasan barang menjadi lebih baik. Sehingga bisa meluas penjualan usahanya sampai ke Marketplace,” ucapnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/12/2023).

Sementara itu Pimpinan Ponpes Darul Hirah Cindai Alus Martapura KH Tuan Guru Besar KH Zarkasyi mengatakan pelatihan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi ibu-ibu anggota BWM yang selama ini sudah komitmen mengikuti program BWM.

“Ibu-ibu ini lebih kuat memegang komitmen soal angsuran dan pembayaran dana program, sehingga program di BWM Al-Hijrah ini tetap lancar,” jelasnya.

Baca juga: Difasilitasi PTBA, Zailani Angkat Ekonomi Masyarakat lewat Usaha Pembibitan Pohon

Sementara itu Branch Manager BSI Kantor Cabang Martapura Kalimantan Selatan, Buyung Yudi Gunawan yang memberikan materi terkait edukasi dan literasi keuangan meminta agar ibu-ibu anggota BWM jangan lupa untuk mencatat transaksi usahanya dengan baik dan benar.

"Jangan sampai kekayaan pribadi tercampur dengan modal usaha, hal ini bisa mengganggu jalannya usaha. Pencatatan aset usaha, biaya-biaya dan transaksi usaha lainnya itu penting biarpun nilainya masih kecil. Agar usaha kita maju dan berkembang,” papar Buyung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com