Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami 4 Metode Promosi Bisnis

Kompas.com - 14/01/2024, 19:09 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber chron

KOMPAS.com - Promosi merupakan salah satu faktor penting dalam membangun bisnis. Tujuannya untuk mengenalkan produk pada calon konsumen.

Umumnya, aktivitas promosi bagian dari pemasaran, sehingga harus dilakukan dengan strategi yang tepat.

Dengan melakukan promosi, pelaku usaha bisa meyakinkan calon konsumen, bahwa produk yang ditawarkan memiliki keunggulan dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Baca juga: 6 Tips Promosi Produk UMKM Lewat Pameran

Berikut ini adalah beberapa metode promosi yang bisa dilakukan pelaku usaha:

1. Iklan Tradisional

Umumnya, periklanan mengambil porsi yang signifikan dari anggaran perusahaan yang dialokasikan untuk pemasaran dan promosi. Ini termasuk pengembangan dan penyampaian pesan merek atau produk berbayar melalui media.

Pelaku usaha bisa memiliki tim periklanan internal sendiri yang merancang dan mengembangkan iklan, atau bekerja sama dengan perusahaan periklanan yang berspesialisasi dalam proses periklanan.

Untuk metode promosi ini, Anda akan membayar untuk penempatan iklan di media seperti televisi, radio, koran, dan majalah, sehingga Anda sebagai pelaku usaha, bisa memiliki kontrol lebih besar terkait pesan apa yang ingin Anda sampaikan tentang produk yang Anda jual.

2. Hubungan Masyarakat (Humas)

Memertahankan reputasi positif dan niat baik dengan publik adalah strategi jangka panjang yang penting bagi perusahaan kecil dan besar.

Berbagai taktik hubungan masyarakat digunakan untuk menjangkau pelanggan, melalui pesan media yang tidak berbayar. Salah satu taktik hubungan masyarakat atau public relations (PR) yang paling umum dan rutin dilakukan adalah siaran pers.

Siaran pers biasanya berisi ikhtisar tentang perubahan atau peristiwa besar, peluncuran produk, atau berita lainnya yang disampaikan ke berbagai media. Selain siaran pers, Humas juga bisa menggelar konferensi pers tentang produk terkait.

Tujuan dari berbagai bentuk promosi dalam PR adalah untuk menjaga, agar merek usaha Anda tetap berada di depan, bahkan di luar iklan berbayar. Tantangannya adalah Anda tidak dapat mengontrol, bagaimana media menyampaikan pesan siaran pers Anda ke pembacanya.

Baca juga: Bingung Bikin Promosi untuk Bisnis? 5 Strategi Ini Bisa Jadi Contohnya

3. Teknik Penjualan

Bagaimana pun, menjual adalah salah satu bentuk promosi paling interaktif. Namun demikian, tak semua bisnis merekrut tenaga penjual secara khusus.

Umumnya, bisnis dengan produk besar, seperti barang elektronik atau peralatan, lebih sering menggunakan tenaga penjual untuk menekankan manfaat produk kepada pelanggan dan menjawan kekhawatiran mereka.

4. Promosi Digital dan Interaktif

Pemasaran email, iklan online, dan iklan seluler merupakan komponen penting dalam kampanye promosi pemasaran dalam ekonomi global.

Metode digital dan interaktif untuk promosi internasional, misalnya, dapat dengan cepat mengembangkan bisnis kecil dengan modal operasional yang terbatas.

Metode-metode ini sering kali relatif terjangkau untuk bisnis kecil dan menawarkan koneksi langsung ke konsumen yang melek teknologi, yang menghabiskan banyak waktu online.

Pelaku usaha juga perlu memanfaatkan pemasaran media sosial melalui Twitter, Instagram, dan YouTube, yang biasanya membuka kesempatan bermitra dengan influencer yang aktif berkomunikasi dengan followers mereka.

Namun, pastikan Anda menggunakan saluran media sosial yang tepat untuk berinteraksi dengan target pasar Anda.

Misalnya, TikTok sangat efektif untuk menjangkau generasi milenial dan generasi Z, sementara Facebook lebih banyak menjangkau generasi baby boomer.

Baca juga: 4 Ide Konten untuk Promosi Produk di Tiktok

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com